Tom Yam Rumahan Ala Semarang, Cocok Disantap Saat Cuaca Dingin

Editor: Mahadeva

Tom yam ala Semarang yang disajikan dengan bahan lokal - Foto Arixc Ardana

SEMARANG – Menawarkan cita rasa pedas, manis, dan asam, tom yam cocok disantap saat cuaca dingin. Keberadaan beragam bumbu empon-empon seperti, jahe dan serai, membantu menjaga kehangatan suhu tubuh, saat dingin melanda.

“Berbeda dengan tom yam ala Thailand, yang rasanya lebih asam, tom yam ini sudah dimodifikasi ala Semarangan, dengan cita rasa yang tidak terlalu kecut. Rasa manis dan pedasnya lebih dominan. Selain itu, bumbunya juga memanfaatkan bahan lokal, ” papar penggemar tom yam, Aelani, warga Tembalang, Semarang, Sabtu (6/2/2021).

Untuk membuat tom yam rumahan tersebut, bumbu yang diperlukan adalah, daun jeruk, cabai, serai, jahe hingga belimbing wuluh. “Tumis bumbu halus seperti kemiri, bawang putih, bawang merah, dan cabai keriting, jangan lupa diberi lengkuas, jahe, daun jeruk dan serai hingga layu. Tambahkan air, hingga mendidih, lalu diberi perasan jeruk nipis dan belimbing wuluh,” terangnya.

Agar rasa semakin enak, ditambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Jangan lupa masukkan beragam isian tom yam, seperti bakso, udang, potongan sawi putih, dan bahan lain, tergantung selera. “Isiannya bermacam-macam tergantung selera, jika mau sayur mayur saja juga bisa, seperti sawi putih, sawi sendok, aneka jamur hingga tahu. Kalau mau seafood, bisa dimasukkan udang, bakso ikan, cumi, hingga potongan daging kepiting,” lanjutnya.

Menu tersebut, layaknya sup sayur, paling enak disantap saat masih hangat. “Seringkali tom yam ini dimakan langsung, tanpa nasi. Namun kalau lapar, bisa juga ditambahkan nasi putih,” tandasnya.

Penggemar tom yam lainnya, Siswadi, mengaku tom yam rumahan lebih enak, sebab cita rasanya menyesuaikan lidah. “Dibandingkan beli jadi, lebih enak membuat sendiri, karena rasanya bisa sesuai keinginan. Jika tidak mau terlalu kecut atau pedas, bisa diatur. Isiannya juga demikian,” terang ayah dari Aelani tersebut.

Tidak hanya itu, dengan beragam bumbu rempah yang digunakan, tom yam juga cocok dimakan saat musim penghujan seperti sekarang. “Rasa pedasnya mampu meningkatkan suhu badan, apalagi saat ini sering hujan, jadi cuaca di Semarang cukup dingin,” pungkasnya.

Lihat juga...