Tottenham Tersungkur di Markas Brighton

Bek Tottenham Hotspur, Toby Alderweireld (kanan), berjibaku menghalau tembakan penyerang Brighton & Hove Albion, Aaron Connolly (kiri), dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Minggu (31/1/2021) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Tottenham Hotspur, tersungkur di markas Brighton & Hove Albion, menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah dalam laga penutup rangkaian pekan ke-21 Liga Inggris di Stadion Amex, Brighton, Inggris, Minggu (31/1/2021) waktu setempat atau Senin (1/2/2021) dinihari WIB.

Absennya Harry Kane, yang cedera membuat lini depan Tottenham semakin mandul dan gagal menyarangkan bola ke gawang Brighton. Dari delapan percobaan tembakan yang mereka lepaskan sepanjang laga, tak ada satupun yang menjadi gol. Sebaliknya, Brighton bermain agresif, melepaskan tak kurang dari 16 percobaan tembakan, yang satu di antaranya mampu dikonversi Leandro Trossard menjadi gol semata wayang penentu kemenangan.

Hasil itu menjadi kemenangan perdana Brighton di laga kandang mereka musim ini. Tetapi tim besutan Graham Potter belum beranjak dari urutan ke-17 klasemen dengan koleksi 21 poin. Sedangkan, Tottenham (33), membuang peluang untuk melewati West Ham United (35), yang kalah di laga lebih awal. Tottenham tertahan di urutan keenam, persis di bawah West Ham.

Jose Mourinho, berusaha mengatasi masalah absennya Kane dengan menempatkan Steven Bergwijn sebagai ujung tombak Tottenham. Posisinya, disokong duet Gareth Bale dan Son Heung-min di lapis kedua serangan. Alih-alih berhasil, justru Brighton yang hampir membuka keunggulan tiga menit selepas laga dimulai, ketika Pascal Gross berusaha menyelesaikan umpan kiriman Alexis Mac Allister. Sayang tembakannya masih membentur tiang gawang.

Brighton berusaha tetap tampak lebih tajam di lini depan, dan hasilnya pada menit ke-17, Trossard mengkonversi umpan Gross dengan sontekan jarak dekat, untuk membawa tuan rumah memimpin. Tottenham, yang lebih banyak tertekan, baru menciptakan peluang lagi pada menit ke-30. Bergwijn menyambut umpan Son, tetapi tembakannya masih melenceng tipis di sisi gawang. Tujuh menit kemudian, Bale, yang diharapkan membantu lini serang Tottenham malah jadi penyelamat gawang timnya saat ia berada di posisi yang tepat untuk menghalau bola tandukan Lewis Dunk.

Keunggulan Brighton, bertahan hingga turun minum dan Tottenham memasuki babak kedua dengan upaya membalas. Tetapi tandukan Carlos Vinicius, menyambut sepak pojok Bale masih bisa dihentikan oleh kiper Robert Sanchez. Di sisi gawang berbeda, Hugo Lloris, dipaksa berjibaku untuk menghadang sontekan Ben White, yang membelokkan umpan silang Gross. Pada menit ke-75, Son, melakukan tusukan. Tapi minimnya bantuan, membuat dia memutuskan menyelesaikan serangan sendiri dan tembakannya masih mudah dijinakkan oleh Sanchez.

Sesaat berselang, Sanchez kembali melakukan penyelamatan gemilang untuk menghalau tembakan melengkung Vinicius. Brighton tentu patut berpuas, bisa meraih tiga poin, kendati mereka berkesempatan menang dengan skor lebih nyaman enam menit jelang bubaran jika saja sepakan Aaron Connolly, tak dihalau oleh Toby Alderweireld. Di pertandingan berikutnya, Brighton akan main lebih awal pada Rabu (3/2/2021) saat melawat ke markas Liverpool. Sehari sebelum Tottenham melakoni Derbi London Barat Laut menjamu Chelsea. (Ant)

 

Lihat juga...