Tren Hobi Tanaman Hias Tingkatkan Penjualan Pot di Lampung

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Tren hobi tanaman hias ikut mendongkrak penjualan pot sebagai media tanam.

Sarifudin, pedagang pot bunga di Jalan Pattimura, Teluk Betung, Bandar Lampung menyebut, penjualan meningkat dua kali lipat. Sebelumnya, dalam sepekan ia bisa menjual sebanyak 500 pot, selama pandemi Covid-19 tembus angka 1000 pot.

Permintaan pot bunga pada usaha miliknya berasal dari ibu rumah tangga pehobi bunga. Pelanggan tetap sebutnya berasal dari pedagang pengecer pot, pemilik usaha jual beli bunga dan bonsai.

Sejumlah instansi dan lembaga yang ingin mempercantik kantor dengan bunga mendorong penjualan pot. Tren tersebut diakuinya tidak berimbas pada kenaikan harga.

Pot tanaman yang dijual sebut Sarifudin, memiliki ukuran dan bentuk beragam. Ukuran mulai dari diameter 30 cm hingga 50 cm berbentuk lingkaran disediakan olehnya.

Bentuk kotak berukuran 20 cm hingga 100 cm paling diminati untuk rumah minimalis. Beberapa jenis pot gantung penghias teras diminati untuk jenis bunga sulur. Berbagai jenis pot merupakan produksi pabrik yang dibeli secara grosiran.

“Volume penjualan pot dihitung secara satuan menyesuaikan ukuran dan bentuk, peningkatan penjualan telah berlangsung sejak setahun terakhir dengan mulai munculnya varian bunga yang sedang hits. Misalnya jenis monstera, caladium dan bunga hias lain yang semakin cantik dengan pot yang tepat,” terang Sarifudin saat ditemui Cendana News, Selasa (9/2/2021).

Sarifudin juga bilang, tren hobi bonsai atau seni mengerdilkan tanaman picu penjualan pot. Sejumlah bonsai yang kerap ditanam memakai pot plastik di antaranya kelapa, bonsai buah.

Masa pandemi dengan meningkatnya hobi tanaman buah dalam pot (tabulampot) mendongkrak penjualan. Budi daya ikan dalam ember (budikdamber) juga mendorong pembelian ember.

Pot dan ember dijual mulai harga Rp8.000 hingga Rp250.000. Penjualan dalam sehari sebutnya bisa mendapatkan omzet Rp4 juta kini meningkat menjadi Rp8 juta.

Permintaan paling banyak berasal dari sejumlah pedagang pengecer. Keberadaan pengecer tersebut berasal dari sejumlah kabupaten di Lampung. Bagi pengecer ia kerap memberikan harga miring untuk keuntungan pedagang.

“Pemilik usaha penjualan bunga, pengecer diberi harga ekonomis yang penting rutin mengambil pot di toko kami,” bebernya.

Selain pot, Sarifudin bilang perlengkapan pehobi bunga hias juga dijual. Perlengkapan tersebut di antaranya selang air, ember, gayung.

Beberapa jenis alat rumah tangga berupa botol air minum dan peralatan kamar mandi juga disediakan. Distribusi lancar dari pabrik dan bantuan pengecer sebutnya membantu kelancaran usaha. Pengecer kerap akan berbelanja setiap akhir bulan untuk stok toko.

Tri Yunarti, pehobi bunga di Pasuruan, Lampung Selatan menyebut, pot bisa mempercantik tanaman. Pot plastik berbagai bentuk digunakan untuk memudahkan pemindahan bunga. Bunga monstera, caladium, adenium yang diberi pot juga meningkatkan nilai jual.

Pecinta bunga, Tri Yunarti, merawat tanaman bunga aglonema di Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan, Lampung Selatan, Selasa (9/2/2021) – Foto: Henk Widi

Hobi menanam bunga sebutnya memberi penghasilan saat pehobi lain ingin membeli untuk koleksi.

“Pot yang dibeli sebagian digunakan untuk memudahkan penjualan sehingga akan menambah daya tarik pembeli,” bebernya.

Kebutuhan pot diakui Cecep Sunandar cukup penting. Pehobi bonsai asal Jabung, Lampung Timur itu menyebut pot plastik, semen, jadi pilihan.

Menyesuaikan kondisi tanaman pot dipilih untuk kekuatan dan estetika. Berbagai jenis pot semen dominan dibuat secara custom dengan cara memesan.

Satu pot semen dibeli mulai harga Rp100.000 hingga Rp2 juta. Penggunaan pot akan meningkatkan harga jual bonsai.

Bonsai berbagai jenis tanaman sebut Cecep Sunandar, mendorong perajin pot. Sejumlah anggota pehobi bonsai memilih mempercayakan pembuatan pot pada ahlinya.

Estimasi biaya pembuatan pot dihitung dari biaya bahan semen, pasir, dan kawat. Saat telah digunakan sebagai pot bonsai, harga jual telah dihitung sesuai harga pot.

Penggunaan pot memudahkan bunga, bonsai, dan tanaman, dipindahkan.

Lihat juga...