Tundukkan Hotspur 2-1, West Ham Naik ke Posisi Keempat

JAKARTA — West Ham United naik ke posisi keempat di klasemen sementara Liga Inggris usai menundukkan rival sekota Tottenham Hotspur dengan skor 2-1, pada pertandingan Liga Inggris yang dimainkan di London Stadium, Minggu.

The Hammers menduduki posisi keempat dengan koleksi 45 poin, unggul dua poin atas tim London lainnya Chelsea yang menghuni posisi kelima, dan terpaut satu poin dari Manchester United yang berada di posisi ketiga. Sedangkan Spurs berada di posisi kesembilan dengan 36 poin, demikian catatan laman resmi Liga Inggris.

Gol Michail Antonio membuka keunggulan West Ham pada menit kelima, sebelum Jesse Lingard menggandakan keunggulan mereka melalui golnya pada menit ke-47. Spurs hanya mampu membalas satu gol melalui gol Lucas Moura pada menit ke-64.

Antonio yang kembali ke skuat inti West Ham setelah absen pada dua pertandingan memberikan start sempurna bagi timnya, ketika ia menyambar bola umpan silang Jarrod Bowen yang gagal diantisipasi kiper Hugo Lloris.

Lingard kemudian menggandakan keunggulan West Ham. Gol itu sebelumnya sempat dianulir karena Pablo Fornals dianggap berada dalam posisi offside, namun tinjauan VAR memperlihatkan bahwa pemain Spanyol itu tidak mengintervensi permainan ketika mantan pemain Manchester United Lingard menyusup ke pertahanan tim tamu, sebelum melesakkan bola ke sudut jauh gawang untuk mengubah skor menjadi 2-0.

Itu merupakan gol ketiga Lingard dari empat penampilannya di liga.

Pemain pengganti Spurs Gareth Bale, yang mencatatkan satu gol dan satu assist saat mereka menang di markas Wolfsberger di ajang Liga Europa pada Kamis silam, memberi umpan kepada Moura untuk dikonversi menjadi gol bagi timnya. Bale kemudian memiliki peluang yang digagalkan mistar gawang sepuluh menit berselang.

Sepakan Son Heung Min juga menghantam tiang gawang pada fase akhir laga.

West Ham akan bertandang ke markas tim pemuncak klasemen Manchester City pada pertandingan liga selanjutnya yang dimainkan pada Sabtu (28/2) depan. Sedangkan Spurs akan berusaha mengakhiri rentetan dua kekalahan beruntunnya saat menjamu Burnley sehari kemudian.

Susunan pemain:

West Ham United (4-2-3-1): Lukasz Fabianski, Vladimkir Coufal, Craig Dawson, Issa Diop, Aaron Cresswell, Tomas Soucek, Declan Rice, Jesse Lingard (Mark Noble 90′), Jarrod Bowen (Said Benrahma 65′), Pablo Fomals (Ben Johnson 82′), Michail Antonio
Pelatih: David Moyes

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris, Japhet Tanganga (Matt Doherty 46′), Davinson Sanchez, Eric Dier, Sergio Reguilon (Delle Alli 77′), Tanguy Ndombele, Pierre-Emile Hoejbjerg, Lucas Moura, Erik Lamela (Gareth Bale 46′), Son Heung Min, Harry Kane
Pelatih: Jose Mourinho. [Ant]

Lihat juga...