Warga Bandar Lampung Diimbau Waspadai Potensi Pohon Tumbang dan Banjir

Wali Kota Bandarlampung, Herman HN, saat dimintai keterangan. Rabu (10/2/2021) – Foto Ant

BANDARLAMPUNG – Warga Bandar Lampung, diminta untuk tetap waspada, terhadap potensi pohon tumbang dan banjir karena cuaca ekstrim. Terutama saat sedang melakukan perjalanan atau berada di luar rumah.

“Sekarang ini, angin sedang kencang-kencangnya, maka masyarakat tetap berhati-hati saat di jalan, agar tidak terkena pohon tumbang,” kata Wali Kota Bandar Lampung, Herman HN, Rabu (10/2/2021).

Menurutnya, guna mengantisipasi dampak pohon tumbang akibat angin kencang, pemerintah daerah telah melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang ada di sejumlah ruas jalan protokol. “Kita sudah pangkas dahan-dahan pohon guna mengurangi dampak yang ditimbulkan bila ada pohon yang tumbang, karena angin sekarang sedang kencang tidak menutup kemungkinan akan terjadi peristiwa-peristiwa yang tidak kita inginkan,” tambahnya.

Ia meminta, masyarakat yang tinggal di dekat sungai, untuk mewaspadai potensi banjir, sebab selain angin sedang kencang saat ini curah hujan pun sedang tinggi-tingginnya. “Warga juga harus berhati-hati dan waspada banjir, maka dari itu mari kita sama-sama antisipasi dengan membuang sampah pada tempatnya jangan sembarangan apalagi di selokan sehingga terjadi banjir karena tersumbat,” kata dia.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bandarlampung, Sutarno mengatakan, untuk menyikapi perubahan cuaca ekstrim hujan yang disertai angin pihaknya menyiagakan personel 72 orang. “Untuk antisipasi kebencanaan kami menyiapkan 72 personel, yang bersiaga 1×24 jam, serta mengoptimalkan sarana dan prasarana yang dimiliki,” kata dia.

Ia mencatat dari awal 2021 hingga kini, sudah terjadi 22 kali musibah pohon tumbang dan tiga kali peristiwa tanah longsor serta banjir di Bandar Lampung. Berdasarkan koordinasi dengan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), perubahan cuaca ekstrim ini akan berlangsung hingga Maret mendatang. Oleh karena itu, masyarakat diminta untuk lebih waspada, terhadap cuaca ekstrim.

“Kemudian untuk yang sedang dalam perjalanan, kalau hujan jangan berteduh di bawah pohon atau baliho guna menghindari hal yang tidak diinginkan, sekarang musimnya hujan disertai angin kencang. Apabila masyarakat memerlukan bantuan kebencanaan masyarakat dapat menghubungi nomor 0721252741,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...