Warga di Jember Rintis Usaha Produksi Tahu Berkat BLT

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Halim, salah satu warga penerima bantuan langsung tunai (BLT) di Lingkungan Kali Koto, Desa Karang Rejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, membuka usaha produksi tahu dari hasil bantuan yang ia terima.

“Sebelumnya saya berprofesi sebagai penjual mie ayam di sekitar Alun-alun Jember. Usaha jualan mie yang saya lakukan bukan milik saya sendiri, saya hanya sekadar menjualkan mie itu dari usaha milik orang lain,” ujar Halim kepada Cendana News, Selasa (2/2/2021).

Pada saat kasus pandemi Covid-19 yang semakin menyebar terjadi pada tahun 2020, lanjut Halim, pemilik usaha mie tersebut menutup usahanya.

“Akibatnya saya tidak bisa berjualan lagi. Namun, alhamdulilah setelah saya mendapat bantuan langsung tunai, itu langsung saya maksimalkan sebagai modal usaha produksi tahu,” imbuhnya.

Pada masa pandemi seperti saat ini, masyarakat selaku penerima bantuan pemerintah dituntut untuk lebih mandiri dan mampu melawan pandemi Covid-19 dengan kreativitas maupun keahlian yang dimiliki oleh masing-masing orang.

“Setelah pemilik usaha mie ayam yang saya jualkan menyuruh saya untuk tidak jualan lagi, usaha saya sebisa mungkin mencari cara bagaimana mendapat pekerjaan lain yang sekiranya dapat menghasilkan uang untuk keluarga saya,” tutur Halim.

Segala pekerjaan pun dilakukan Halim untuk dapat bertahan hidup dan membiayai keluarga.

“Setelah saya mendapat bantuan dari pemerintah, saya memutuskan untuk membangun usaha kecil-kecilan yakni membuat usaha produksi tahu. Usaha tahu yang saya pilih karena modal awalnya tidak terlalu menghabiskan biaya yang banyak, dan cara pengerjaannya juga tidak terlalu susah,” ujarnya.

Halim mengaku, pertama kali dirinya membangun usaha produksi tahu tidak punya keahlian apapun. Karena niatnya untuk membangun usaha ini sungguh-sungguh, Halim lantas menghubungi teman yang sudah lama membuka produksi tahu.

“Dari sana saya belajar dengan serius, hingga sampai sekarang saya bisa membangun usaha produksi tahu sendiri,” pungkasnya.

Lihat juga...