Warga Serang Diminta Mewaspadai DBD

Nyamuk Aedes Aegepty - Dok CDN

SERANG – Pemerintah Kota (Pemkot) Serang, mengimbau warganya untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Memasuki musim hujan ini, masyarakat tentu perlu waspada adanya penyakit DBD. Karena penyakit ini jika dibandingkan dengan COVID-19 sama berbahayanya,” kata Sekertaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Serang, dr Ahmad Hasanuddin, Senin (8/2/2021).

Ia mengatakan, penderita DBD dengan penderita COVID-19, sama halnya terancam bisa meninggal dunia jika terlambat di tangani. Oleh karena itu, pihaknya mengingatkan seluruh warga Serang, untuk bisa mencegah secara dini serangan penyakit itu.

Upaya yang dilakukan dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS), serta disiplin menerapkan protokol kesehatan. “Jadi saat ini, masyarakat harus disiplin protokol kesehatan dan juga perlu menerapkan pola hidup sehat untuk menghindari dari ancaman penyakit-penyakit yang mengancam kita,” jelasnta.

Untuk mewaspadai ancaman berbagai penyakit di masa pandemi COVID-19, dapat dilakukan kegiatan pembersihan lingkungan sekitar seperti, menutup tempat penampungan air, mengubur sampah atau barang bekas yang menimbulkan genangan air hujan dan menguras tempat penampungan air secara rutin.

Selain itu, disiplin dalam melakukan pola hidup sehat diperlukan sebagai upaya mewujudkan Indonesia sehat. “Upaya ke depan, kita akan menggerakkan anggota kita di lapangan untuk menyosialisasikan bahayanya COVID-19 dan DBD serta mendorong seluruh UPT puskesmas yang ada di Kota Serang untuk gencar mengedukasi masyarakat,” ungkapnya.

Ia mengharapkan, upaya tersebut dapat menghindarkan warga dari ancaman penyakit-penyakit yang mematikan, dan dapat merugikan semua pihak. (Ant)

 

Lihat juga...