Warung Cafe Damandiri Dieng Kulon Sajikan Kuliner Khas Dieng

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANJARNEGARA – Warung Cafe Damandiri yang berada di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon telah sepenuhnya selesai dibangun pada Januari kemarin. Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, selaku pengelola mengaku, akan memaksimalkan unit usaha di sektor pariwisata tersebut demi meningkatkan perekonomian warga.

Dikonsep sebagai warung kopi kekinian khas anak muda, Warung Damandiri Dieng ini dikatakan akan menyajikan beragam minuman kopi maupun menu makanan khas kawasan Dieng. Selain sebagai ciri khas, penyediaan makanan dan minuman khas Dieng ini juga dilakukan untuk memberdayakan para petani maupun pelaku usaha kuliner lokal di DCML Dieng Kulon.

“Rencananya kita akan menyediakan minuman kopi khas Dieng. Termasuk makanan atau camilan khas Dieng seperti nasi jagung, tempe kemul dan sebagainya. Sehingga diharapkan bisa meningkatkan pendapatan petani kopi maupun pelaku usaha jajanan lokal di sekitar Dieng Kulon,” ujar Manajer Umum Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Elina, Kamis (25/2/2021).

Elina mengatakan, unit usaha Warung Cafe Damandiri Dieng Kulon dibangun Yayasan Damandiri sejak 2020 lalu di lahan seluas 2700 meter persegi yang berada satu kompleks dengan unit usaha lainnya yakni objek wisata Taman Bunga Dieng Garden.

Selain sebagai sumber pendapatan dan pemasukan koperasi, dua unit usaha di sektor pariwisata ini juga diharapkan mampu mengangkat dan menggerakkan ekonomi Desa Dieng Kulon yang merupakan desa binaan Yayasan Damandiri.

“Pada tahap awal ini, kapasitas pengunjung warung cafe bisa mencapai sekitar 50 orang. Ini karena kita harus menerapkan protokol kesehatan sesuai ketentuan pemerintah, untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar Elina.

Sebagaimana diketahui, sejak 2018 lalu, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, sebagai desa binaan program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Lewat program ini Yayasan Damandiri berupaya mengatasi persoalan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dieng Kulon melalui berbagai program pemberdayaan.

Selain mendirikan koperasi jasa, KUD Pelita Sejahtera Mandiri sebagai motor penggerak ekonomi, Yayasan Damandiri juga memberikan akses pinjaman modal usaha bagi warga miskin melalui program Modal Kita.

Sementara di sektor pariwisata, Yayasan Damandiri mendirikan dua unit usaha sekaligus yakni objek wisata Taman Bunga Dieng Garden serta Warung Kita/Warung Cafe Damandiri.

Lihat juga...