Waspadai Enam Kondisi, Agar Terhindar dari Varises

Editor: Makmun Hidayat

JAKARTA — Bagi para pekerja yang sering berdiri lama, varises adalah salah satu penyakit yang mengintip di kehidupannya. Tapi, ternyata bukan mereka saja. Spesialis Bedah Torak Kadiovaskular RSPP dr. Rugun Tobing, SpBTKV, menyatakan gangguan varises berpotensi besar hadir pada enam kondisi.

Spesialis Bedah Torak Kadiovaskular RSPP dr. Rugun Tobing, SpBTKV, saat menjelaskan kondisi apa saja yang memicu hadirnya varises, dalam acara online kesehatan, Jumat (12/2/2021). -Foto Ranny Supusepa

Pertama, wanita lebih berpeluang terpapar varises dibandingkan pria. Karena hormon wanita cenderung membuat dinding pembuluh darah rileks, sehingga katup berpotensi mengalami kebocoran.

Kedua, faktor keturunan. Jika ada salah satu dari keluarga dengan riwayat varises, maka seseorang akan berpotensi lebih besar terpapar varises.

Ketiga, umur. Dengan bertambahnya usia, elastisitas pembuluh darah akan berkurang. Hal ini akan membuat katup melemah, sehingga darah akan dengan mudah kembali ke bawah dan membuat endapan di dalam pembuluh vena.

Keempat, obesitas. Berat badan yang melebihi ketentuan akan memberikan tekanan lebih besar pada pembuluh vena kaki, sehingga menyulitkan proses pengembalian darah ke jantung.

Kelima, aktivitas. Aktivitas berdiri terlalu lama akan mempersulit kembalinya aliran darah ke jantung. Begitu pula dengan kebiasaan memakai high heels yang lebih dari 3 cm dalam waktu lama. Tapi jangan juga memakai sepatu yang tanpa heels.

Dan keenam, kehamilan. Produksi darah cenderung meningkat saat hamil, sehingga akan memberikan tekanan lebih pada pembuluh vena. Hormon kehamilan juga membuat otot dinding pembuluh vena rileks sehingga perlindungan katup melemah.

Lihat juga...