Zonasi COVID-19 di Payakumbuh Mulai Berlaku Ditingkat RW

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira – Foto Sumbar

PAYAKUMBUH – Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), mulai memberlakukan kebijakan zonasi COVID-19 di tingkat RW.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Alex Prawira mengatakan, selain zonasi COVID-19 di tingkat RW Kota Payakumbuh juga akan membentuk posko COVID-19 di tingkat kelurahan. “Di Kota Payakumbuh kami sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan akan dilakukan zonasi di tingkat RW, dan akan ada posko di tingkat kelurahan sesuai surat edaran dari Satgas COVID-19 pusat,” jelasnya, Senin (15/2/2021).

Pemberlakuan zonasi tingkat RW dan posko COVID-19 di tingkat kelurahan, diharapkan dapat menekan angka penambahan kasus positif COVID-19 di daerah itu. Sehingga seluruh zona di tingkat RW nantinya bisa menjadi zona hijau. “Dalam pelaksanaannya tentu pihak kepolisian bersinergi dengan TNI, Dinas Kesehatan dan pihak lainnya dalam mengawasi posko tingkat kelurahan agar zonasi di tingkat RW berjalan sesuai dengan aturan,” kata dia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Payakumbuh, Bakhrizal mengatakan, pelaksanaan zonasi di tingkat RW akan mempermudah petugas dalam melakukan pengawasan, dan menekan penyebaran COVID-19. “Sekarang secara zonasi hanya ada sembilan RW di Payakumbuh yang berada pada zona kuning, sisanya hijau dan tidak ada yang oranye, apalagi merah,” jelasnya.

Diharapkan, dalam 15 hari ke depan, seluruh RW di Kota Bogor akan berstatus zona hijau. Namun, pelaksanaannya akan saling bekerja sama antara Polri, TNI, Satpol-PP dan pemerintahan di tingkat kelurahan.

“Secara jumlah dan secara grafik angka kasus positif COVID-19 kita di Payakumbuh sudah menurun. Meski begitu kita tidak boleh lengah dan terus melakukan upaya-upaya dalam menekan kasus positif ini,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...