Ada Penonton di Stadion, Semifinal Turnamen Ternate Dihentikan Satgas

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menghentikan rangkaian laga semifinal sepakbola Ternate Premier League (TPL) yang berlangsung di lapangan Gelora Kieraha Ternate, karena disaksikan ratusan pendukung dan supporter, Senin (8/3/2021) – foto Ant

TERNATE – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara, menghentikan laga semifinal sepakbola Ternate Premier League (TPL), yang digelar di lapangan Gelora Kieraha Ternate.

Laga dihentikan, karena disaksikan ratusan pendukung. “Laga semifinal TPL ini kami hentikan, karena disaksikan ratusan pendukung tim yang berlaga, karena dipastikan adanya kerumunan yang berpotensi terjadinya peredaran virus COVID-19,” kata Koordinator Bidang Penegakkan Hukum dan Pendisplinan Satgas COVID-19, Abdullah Sadik, usai menghentikan turnamen, Senin (8/3/2021).

Tim Satgas Penanganan COVID-19 Kota Ternate tidak akan menghentikan turnamen, jika semua mematuhi protokol kesehatan (prokes) dan tak disaksikan penonton.

Askot PSSI dan panitia Ternate Premier League (TPL) telah sepakat, untuk menggelar turnamen tanpa penonton. Tetapi karena ada penonton dan terjadi kerumunan, maka Satgas COVID-19 menghentikan seluruh rangkaian turnamen.

“Tetapi, Satgas COVID-19 tetap memberi kesempatan melanjutkan TPL, yang saat ini telah masuk babak semifinal. Jika ada penonton, maka tim Satgas akan menghentikan turnamen itu. Manajer klub harus menyampaikan kepada pendukungnya agar tidak menyaksikan laga babak semifinal,” tandas Abdullah Sadik.

Ketua Panitia TPL, Nyong Barakati menyatakan, panitia tetap mendukung keputusan menghentikan pertandingan, kalau disaksikan pendukung. Hal itu sudah menjadi kesepakatan dan komitmen bersama antara panitia dan tim yang lolos ke semifinal hingga final. Pertandingan disepakati digelar tanpa penonton. Sesuai keputusan Medscom, pertandingan tetap dilanjutkan, tetapi kalau ada penonton, maka panitia disiplin akan bersikap.

Satgas telah menyiapkan surat kesepakatan bersama, pada laga semifinal tidak boleh membawa pendukung dan supporter. Empat tim yang masuk semifinal turnamen ini adalah, Indonesia Muda, Olimpik, Cordoba dan Mutiara.

Saat ini, Satgas COVID-19 Kota Ternate sudah menyurati otoritas berbagai cabang olahraga, agar menghentikan sementara seluruh turnamen yang dapat membuat kerumunan manusia. (Ant)

Lihat juga...