Aneka Kuliner Berbahan Tahu Pong, Enak dan Gurih

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SEMARANG – Siapa yang belum pernah makan tahu? Olahan dari kacang kedelai ini bisa dibuat beragam kuliner yang tidak hanya enak, namun juga khas. Contohnya, tahu pong dari Kota Semarang.

Tahu pong digoreng hingga kering, menghadirkan cita rasa renyah di bagian kulit luar, sementara bagian dalamnya yang ‘kopong’ atau kosong, lembut gurih. Semakin enak lagi, saat dicocol dengan kuah kecap petis pedas.

Meski sederhana, perpaduan antara kering tahu pong dengan kuah pedas petis udang dan bawang putih, bercampur kecap manis, menjadikan kuliner khas Kota Semarang ini, enak untuk dinikmati, Sabtu (27/3/2021). Foto: Arixc Ardana

Perpaduan rasa gurih manis pedas pun menjadi satu, sehingga menawarkan cita rasa yang unik. Selain tahu pong, olahan tahu kopyok telur pun patut dicoba.

Ada banyak warung tahu pong di Kota Semarang yang patut dicoba, dari warung legendaris hingga pinggiran kota. Termasuk salah satunya di kawasan Banyumanik Semarang, meski sajian utamanya merupakan es teler, namun warung es Teler Damar Banyumanik ini, juga menyajikan tahu telur kocok atau tahu kopyok telur.

“Cara membuatnya sebenarnya mudah, tahu pong yang sudah dibersihkan digoreng hingga kering. Kemudian, masukkan telur kocok ke dalam, wajan penggorengan. Aduk rata sampai telur tercampur dengan tahu pong,” terang Wahyuni, pedagang tahu kopyok telur saat ditemui di lokasi, Sabtu (27/3/2021).

Tahu pong kopyok telur yang sudah digoreng tersebut, kemudian disajikan bersama kuah, yang terbuat dari kecap manis, dicampur dengan petis udang dan bawang putih halus. Jika masih kurang pedas, bisa ditambahkan cabai rawit.

“Rasanya manis pedas gurih. Bisa dimakan langsung, atau ditambah nasi, jadi lauk,” terangnya.

Sementara, salah seorang pembeli Saut Simanjuntak, mengaku menjadi penggemar aneka kuliner berbahan tahu pong. Apalagi, ada beragam pilihan makanan yang dibuat dari bahan baku tersebut.

“Ada macam-macam, seperti tahu gimbal, tahu pong gimbal emplek, tahu telur, tahu komplit, tahu kopyok telur, gimbal telur, tahu emplek gimbal, tahu emplek gimbal telur. Banyak macamnya, jadi bisa memilih yang disukai,” paparnya.

Salah satunya, tahu telur kocok atau tahu kopyok telur. Menurutnya, kuliner tersebut menawarkan tekstur gurih di luar namun lembut di dalamnya. Apalagi saat dicocol dengan kuah pedas, yang terbuat dari kecap, petis udang dan bawang putih.

“Rasa petis udang dan bawang putih yang pedas, dicampur kecap manis, menghadirkan cita rasa tersendiri. Ditambah tekstur tahu pong garing, yang ‘kreyes-kreyes’, menjadikannya semakin enak,” tambahnya.

Tidak hanya itu, dari segi harga pun relatif terjangkau Rp 12 ribu per porsi, cocok bagi mereka yang mencari makanan enak namun tidak bikin kantong bolong.

“Patut dicoba, meski ringan, namun karena porsinya besar, tetap membuat perut kenyang,” pungkasnya.

Lihat juga...