Angin Kencang Rusak Puluhan Rumah di Kabupaten Magelang

MAGELANG — Puluhan rumah di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, mengalami rusak dengan kategori ringan hingga  sedang akibat diterjang angin kencang.

Pelaksana Tugas Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Magelang Edy Susanto di Magelang, Selasa, mengatakan sekitar pukul 14.00 WIB terjadi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah tempat di wilayah itu.

Sejumlah wilayah yang terjadi hujan lebat disertai angin kencang, yakni Kecamatan Muntilan, Salam, Ngluwar, Srumbung, Dukun, dan Sawangan.

“Bahkan di wilayah Kecamatan Muntilan dan wilayah Kecamatan Dukun dilaporkan terjadi hujan es kecil-kecil,” katanya.

Ia menuturkan dampak dari kejadian angin kencang tersebut, untuk sementara tercatat 46 rumah rusak ringan dan satu rumah rusak sedang serta sejumlah pohon tumbang yang merusak jaringan listrik PLN.

Edy menyampaikan penanganan di lapangan dilaksanakan bersama dengan tim gabungan dari unsur BPBD, TNI, Polri, Satpol PP dan Pemadam Kebakaran, PLN, relawan, dan masyarakat.

“Di beberapa tempat penanganan belum selesai dan akan dilanjutkan esok (3/3) hari mengingat kondisi sudah malam dan tidak memungkinkan untuk melaksanakan penanganan lanjutan,” katanya.

Ia mengatakan berdasarkan pendataan sementara tercatat kejadian angin kencang melanda enam kecamatan meliputi 25 desa dengan 42 dusun.  [Ant]

Lihat juga...