Asa Juventus Meraih Juara Terancam

Penyerang Benevento, Adolfo Gaich (kedua kanan), melakukan selebrasi seusai mencetak gol ke gawang Juventus dalam lanjutan Liga Italia di Stadion Allianz, Turin, Italia, Minggu (21/3/2021) - Foto Ant

JAKARTA – Asa Juventus meraih juara terancam, setelah mereka kalah 0-1 melawan Benevento, dalam laga pekan ke-28 Liga Italia di Stadion Allianz, Turin, Minggu (21/3/2021).

Akibat kekalahan itu, Juventus membuang cuma-cuma kesempatan memangkas jarak dari pemuncak klasemen Inter Milan, yang pertandingannya pekan ini tertunda, karena skuad mereka terjangkit COVID-19.

Juventus, tertahan di posisi ketiga klasemen dengan raihan 55 poin. Mereka tertinggal 10 poin dari Inter dan ditempel ketat oleh Atalanta (55), yang menang dalam laga lebih awal. Sedangkan bagi Benevento, hasil tersebut jadi kemenangan pertama mereka dalam 12 pertandingan terakhir, yang membesarkan peluang menghindari ancaman degradasi.

Benevento, tak beranjak dari urutan ke-16, tetapi raihan 29 poin membuat mereka punya jarak aman tujuh poin dari zona merah. Tim besutan Andrea Pirlo, yang tampil relatif dengan kekuatan penuh, tampil mendominasi tak kurang dari 73 persen penguasaan bola di sepanjang laga. Namun, mereka  gagal mencetak satu gol pun dari 21 percobaan tembakan yang mereka lepaskan.

Pertanda buruk bagi Juve sudah tampak pada saat laga baru berusia tiga menit. Yaitu ketika bek mahal, Matthijs de Ligt, terpeleset saat mengendalikan bola di bawah area pertahanan timnya sendiri. Beruntung, kiper Wojciech Szczesny sigap mengusir bahaya.

Pada menit ke-33, Juventus punya peluang bagus untuk membuka keunggulan, ketika Alvaro Morata menerobos lini pertahanan Benevento. Ttetapi tembakan penyelesaiannya bisa dimentahkan oleh kiper Lorenzo Montipo. Tiga menit berselang, wasit Rosario Abisso sempat menghadiahi tendangan penalti untuk Juventus, setelah menilai Daam Foulon melakukan pelanggaran handball atas umpan silang Dejan Kulusevski. Tetapi ia menganulir keputusan itu setelah diberi masukan oleh VAR.

Di menit ke-38, Cristiano Ronaldo melakukan selebrasi selepas meneruskan umpan silang Kulusevski ke gawang Benevento, hanya untuk menyadari hakim garis sudah mengangkat bendera pertanda offside.

Dominasi Juve yang tak membuahkan hasil, harus dibayar mahal pada menit ke-69, ketika Arthur Melo melakukan kesalahan umpan dan dipotong oleh Adolfo Gaich. Gaich berhasil menghindari jegalan Danilo, sebelum melepaskan tembakan keras tak terbendung Szczesny, demi membawa Benevento memimpin 1-0.

Tiga menit sesudah itu, para pemain Juve mengklaim, mereka berhak memperoleh hadiah penalti, ketika Federico Chiesa jatuh di dalam area terlarang Benevento. Tetapi wasit mengabaikannya, dan tayangan ulang memperlihatkan ia tersandung Foulon, yang memang sudah tergeletak di atas lapangan tanpa melakukan jegalan.

Tepat di pengujung waktu normal, Montipo melakukan satu penyelamatan gemilang lainnya. Yaitu dari tembakan sudut sempit Ronaldo, demi mengunci kemenangan mengejutkan yang susah payah diraih Benevento. Selepas jeda internasional, awal April nanti, Juventus akan melakoni Derbi della Mole menghadapi rival sekotanya Torino. Sedangkan Benevento menjamu Parma. (Ant)

Lihat juga...