Atasi Kemsikinan, Pemkab Sigi Maksimalkan Program ‘Masagena’

SIGI – Pemerintah Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, memaksimalkan program inovasi daerah ‘masagena’, untuk pengentasan kemiskinan di daerah tersebut, demi terciptanya kesetaraan pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Jadi, salah satu upaya, yakni membentuk tim terpadu masagena yang di dalamnya terdapat lintas organisasi perangkat daerah,” ucap Wakil Bupati Sigi, Samuel Y Pongi, dalam rapat koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah di Sigi, Selasa (16/3/2021).

Penanggulangan kemisikinan daerah dengan berbagai strategi, kata Samuel, menjadi program prioritas utama yang diselenggarakan dalam pembangunan daerah.

Karena, salah satu tujuan dari penyelenggaraan pembangunan dan pemerintahan daerah ialah untuk tercapainya kesejahteraan masyarakat.

Karena itu, setiap organisasi perangkat daerah di Sigi yang tergabung dalam tim terpadu masagena, harus mengarusutamakan program yang menjurus pada pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Tim terpadu masagena akan menjadi wadah penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan terintegrasi,” ujar Samuel Pongi.

Samuel Pongi menerangkan, APBD Kabupaten Sigi sangat terbatas. Tetapi, keterbatasan APBD tidak harus menjadi penghalang dalam memaksimalkan program prioritas pengentasan kemiskinan daerah.

“APBD Kabupaten Sigi yang sangat terbatas harus mampu mengakomodir program-program penanggulangan kemiskinan, minimal melalui pemberian bantuan sosial, secara adil dan merata,” ungkapnya.

Melalui pembentukan tim ini, program-program bantuan sosial bagi masyarakat akan terintegrasi, sehingga tidak ada tumpang tindih pemberian bantuan, dan sasarannya benar-benar sampai kepada masyarakat yang memang membutuhkan, tambahnya. (Ant)

Lihat juga...