Bakso Konro Kemiling Lezatnya Sampai Sumsum

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Varian olahan daging sapi menjadi bakso kerap dibuat dengan kreativitas penarik pemburu kuliner. Bakso konro jadi salah satu varian sajian bakso yang bisa dinikmati saat akhir pekan.

Ardian, pengelola Bakso Ali Kemiling menyebut ia menjual menu spesial bakso konro sebagai tambahan selain bakso dada ayam, bakso ukuran biasa.

Sebagai menu andalan, bakso konro sebut Ardian memiliki ukuran lebih besar. Ia menyebut ukuran jumbo memungkinkan adonan tepung, daging sapi masih bisa diberi iga sapi.

Ia menyebut konro merupakan sebutan tulang iga sapi khas Makassar yang memiliki sumsum, daging. Pembuatan bakso konro sama dengan bakso biasa hanya diberi tambahan iga sapi saat dicetak.

Proses pencetakan dilakukan sebanyak sepuluh buah bakso konro per hari. Bakso dicetak memakai kain halus lalu pada bagian tengah diberi konro atau iga sapi. Agar lebih nikmat adonan tepung sagu, tepung terigu diberi bumbu merica, bawang putih, pala.

Selanjutnya adonan yang telah dibentuk bulat direbus dalam dandang khusus. Konro yang telah menyatu dengan bakso siap dihidangkan.

“Saat akan disajikan bakso terlebih dahulu dibelah menjadi enam bagian agar bagian dalam bisa diambil. Berupa irisan daging, lemak dan butiran daging giling. Pada bakso selanjutnya sesuai selera akan disiram memakai kuah kacang atau kuah kaldu, sesuai selera pelanggan,” terang Ardian saat ditemui Cendana News, Sabtu (27/3/2021).

Bagi pecinta bakso konro dengan kuah kaldu ia menyebut akan semakin terasa kaldu sapi. Selanjutnya taburan irisan daun bawang, bawang merah goreng diberikan pada kuah yang disediakan.

Tambahan mi bihun, mi kuning dan bakso ukuran kecil masih akan disertakan dalam penyajian. Disajikan dalam kondisi hangat bakso konro akan memiliki rasa yang lebih lezat.

Keistimewaan bakso konro sebut Ardian saat dibelah pelanggan bisa menikmati daging pada tulang iga. Daging yang masih menempel memiliki tekstur lembut dan nikmat.

Tambahan lemak pada bakso sebutnya akan menambah kelezatan pada bakso. Saat mendapatkan iga tersebut pelanggan bisa menikmati bagian sumsum yang lembut.

“Perpaduan iga sapi yang memiliki sumsum berpadu dengan kuah dan juga bumbu kacang bisa dinikmati saat menu makan siang,” terang Ardian.

Satu porsi bakso konro sebut Ardian dibanderol dengan harga Rp35.000. Satu porsi kerap bisa disajikan untuk dua hingga tiga orang.

Selain sajian bakso konro ia menyebut di warung tersebut juga disediakan menu alternatif. Sejumlah menu pada warung bakso tersebut meliputi bakso jumbo seharga Rp17.000, bakso sedang Rp16.000, bakso ayam Rp10.000 dan mi ayam mulai harga Rp12.000 per porsi.

Christina dan Christeva, pelanggan bakso konro menyebut menikmati sajian itu untuk berdua. Bulatan bakso yang besar cukup untuk dua orang sehingga mengenyangkan.

Christina (kanan) dan Christeva (kiri) menikmati menu bakso konro di Jalan Imam Bonjol, Kecamatan Kemiling Bandar Lampung, Sabtu (27/3/2021) – Foto: Henk Widi

Christina mengaku saat membelah bakso berukuran jumbo ia bisa memperoleh daging lembut, lemak. Tanpa memakai mi ia menikmati bakso yang memiliki campuran daging yang cukup banyak itu.

“Satu porsi bakso konro memiliki rasa yang khas dan pada bagian iga sapinya bisa mendapat sumsum yang lezat,” terangnya.

Menyantap satu porsi bakso konro berdua sebut Christina membuat ia bisa cepat kenyang. Tambahan kuah kaldu daging sapi menurutnya cukup menggugah selera.

Ia memilih menikmati sajian bakso konro kuah dibanding memakai bumbu kacang. Ditambah dengan sambal sajian bakso konro cukup mengenyangkan pengganti makan siang.

Lihat juga...