Basarnas Maumere Rangkul Anggota Pramuka untuk Kembangkan Potensi SAR

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

MAUMERE — Basarnas Maumere merangkul potensi search and rescue (SAR) dengan membentuk Gugus Depan (Gudep) Pramuka Komodo yang terdiri dari berbagai wilayah di 10 kabupaten di wilayah Pulau Flores, Lembata dan Alor.

Kepala Basarnas Maumere, I Putu Sudayana, SE, MAP yang ditemui di kantor Basarnas Maumere di Kelurahan Wolomarang, Kabupaten Sikka, NTT, Rabu (3/3/2021). Foto : Ebed de Rosary

“Basarnas ingin merangkul seluruh Potensi SAR yang ada dengan melaksanakan kerjasama dan pembinaan di kalangan pelajar yang merupakan potensi SAR,” jelas Kepala Basarnas Maumere, I Putu Sudayana, SE, MAP yang ditemui di kantor SAR Maumere di Kelurahan Wolomarang, kabupaten Sikka, NTT, Rabu (3/3/2021).

Putu mengatakan, para pelajar yang masih muda dan bersemangat tinggi dapat diberdayakan untuk membantu Basarnas dalam misi kemanusiaan, seperti Pramuka yang merupakan bagian dari Potensi SAR yang dimiliki Basarnas.

Disebutkan, tujuan dari terbentuknya Gudep Komodo Basarnas Maumere agar mereka dapat membiasakan budaya safety sejak dini dalam melaksanakan misi kemanusiaan.

“Seluruh Kantor SAR di Indonesia diminta untuk membentuk Gugus Depan Pramuka yang bekerja sama dengan Kwartir Pramuka di daerah masing-masing, “ ucapnya.

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sikka, Vitalis P. Sukalumba, S.Pd dalam mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Basarnas Maumere atas kerjasama yang harmonis.

“Kehadiran Gudep Komodo Basarnas Maumere diperlukan guna melatih kader muda Pramuka untuk menjadi pemuda yang tangguh dalam menjalankan misi kemanusiaan di bidang pencarian dan pertolongan,” ungkapnya.

Lihat juga...