Belasan Rumah di Desa Sempan Bangka Terendam banjir

Belasan rumah warga Desa Sempan Bangka terendam air akibat banjir - Foto Ant

SUNGAILIAT – Belasan rumah warga Desa Sempan, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terendam banjir, akibat hujan turun dengan intensitas tinggi.

Kapolres Bangka, AKBP Widi Haryawan, melalui Kapolsek Pemali, IPTU Joniarto mengatakan, belasan rumah yang terendam banjir di desa itu tersebar di tiga RT. Air yang merendam memiliki ketinggian beragam, mulai 30 sampai 40 sentimeter. “Luapan air yang mengakibatkan terendamnya sejumlah rumah warga itu dipengaruhi oleh saluran air yang terlalu kecil sehingga tidak mampu menampung debit air hujan,” jelasnya, Sabtu (27/3/2021).

Selain membantu evakuasi warga terdampak banjir, bersama jajaran TNI, sudah menyalurkan puluhan paket bantuan Sembilan Bahan Pokok (Sembako). “Kami menyalurkan paket sembako kepada korban dengan jumlah yang disesuaikan kebutuhan dengan harapan mampu membantu meringankan kebutuhan pangan,” jelasnya.

Banjir yang merendam rumah warga, disebutkan tidak mengakibatkan korban jiwa. Pada Sabtu (27/3/2021) malam dilaporkan sudah surut, dan warga sudah dapat kembali ke rumahnya masing-masing.

Bhabinkamtibmas Desa Sempan, Bripka Nomo Pratamo mengingatkan, warga yang terkena musibah banjir tetap meningkatkan kewaspadaannya. “Saya mengingatkan warga, khususnya di lingkungan rawan banjir, untuk meningkatkan koordinasi dengan perangkat desa setempat guna mempermudah antisipasi jika terjadi musibah alam maupun gangguan lainnya,” jelasnya.

Nomo Pratomo mengajak seluruh warga bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan. (Ant)

Lihat juga...