Binahong Obat Berbagai Macam Penyakit, Mudah Ditanam

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Binahong merupakan salah satu tanaman obat (Toga) yang patut ditanam di pekarangan rumah sebagai alternatif pengobatan herbal. Selain mudah ditanam, tanaman menjalar berbatang lunak ini, juga memiliki khasiat luar biasa dalam mengatasi berbagai macam penyakit.

Berdasarkan referensi yang ada, tanaman yang banyak ditemukan di Indonesia ini memiliki beragam kandungan atau zat yang baik bagi tubuh. Mulai dari Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D – Galaktosa, Asam Aldonat, hingga Vitamin A, B, dan C.

Gandung, warga Dusun Dukuhan, saat ditemui, Jumat (5/3/2021). -Foto Jatmika H Kusmargana

Tak heran tanaman ini kerap dimanfaatkan sebagai obat untuk memulihkan luka bakar maupun luka karena benda tajam, mengobati gatal-gatal, menjaga daya tahan tubuh, mengatasi sariawan, hingga menurunkan darah tinggi, serta mencegah stroke.

Gandung, warga Dusun Dukuhan, Sendangagung, Minggir, Sleman, mengaku sudah lama menanam dan memanfaatkan binahong sebagai obat herbal. Selain mudah tumbuh karena minim perawatan ia juga sudah membuktikan sendiri khasiat daun binahong ini.

“Jika terkena luka bakar atau luka karena benda tajam saya biasa gunakan daun binahong ini. Caranya bisa dengan langsung dioleskan ataupun dengan diminum. Yakni dengan cara direbus lalu diambil airnya,” katanya.

Ia membuktikan sendiri dengan mengkonsumsi daun binahong secara rutin, akan dapat mempercepat pemulihan dan penyembuhan kulit.

“Ibu saya beberapa waktu lalu mengalami kecelakaan dan mengalami patah kaki serta kulit mengelupas. Setelah mengkonsumsi daun binahong ini secara rutin langsung berpengaruh. Tidak butuh waktu lama bisa langsung sembuh,” katanya.

Untuk mengkonsumsi daun ini sebagai obat, bisa dilakukan dengan cara menyiapkan daun binahong secukupnya. Lalu rebus daun menggunakan 2 gelas air. Tunggu sampai mendidih dan menyisakan air sebanyak 1 gelas. Setelah itu, dinginkan dan minum airnya secara rutin setiap hari.

Lihat juga...