Bisnis Aglonema di Jember Masih Menjanjikan

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Tanaman hias jenis aglonema di kabupaten Jember, Jawa Timur, saat ini masih tergolong tinggi. Hal ini dipicu oleh meningkatnya minat masyarakat menanam pohon bunga, untuk mengisi waktu di rumah selama masa pandemi.

Pedagang tanaman hias di kawasan jalan Slamet Riyadi, Krajan, Patrang, Fatimah, mengatakan harga sejumlah tanaman hias memang melonjak tinggi sejak pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar. Kendati saat ini sudah dilonggarkan, namun harga sejumlah tanaman hias tak serta merta mengalami penurunan.

“Kenaikan harga jual yang masih tinggi saat ini pada tanaman bunga aglonema. Sebab, peminatnya masih banyak,” ujar Fatimah, saat ditemui Cendana News, Selasa(30/3/2021).

Menurut Fatimah, tanaman aglonema memiliki daya tarik tersendiri sebagai hiasan untuk mempercantik ruangan rumah. Harganya pun bervariasi, mulai dari ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Dicky, saat ditemui di kawasan jalan Mastrip, Kecamatan Sumbersari, Jember, Selasa (30/3/2021). -Foto: Iwan Feriyanto

“Harga jual disesuaikan ukuran dan motifnya. Untuk ukuran kecil dibandrol Rp200 ribu, sedangkan untuk ukuran besar dan motifnya menarik bisa laku Rp3 juta,” ungkapnya.

Fatimah mengaku membuka usaha tanaman hias sejak 15 tahun lalu. Awalnya, kios berada di wilayah Baratan, Kecamatan Patrang dan waktu itu tidak seluas saat ini. Setelah memiliki cukup modal, Fatimah pindah tempat di pinggir jalan.

“Harapannya, pembeli bisa bertambah karena berada di pinggir jalan, dan alhamdulillah terus berkembang ” katanya.

Berkait masa pandemi, Fatimah mengaku kenaikan harga tanaman hias mulai terjadi sejak pertengahan 2020. Semua jenis tanaman hias mengalami kenaikan harga, mulai dari tanaman janda bolong, anggrek, aglonema dan lainnya.

Fatimah mengaku, selama masa pandemi Covid-19 pendapatannya meningkat hingga Rp5 juta sehari. Namun seiring adanya pelonggaran aktivitas masyarakat, pendapatannya mulai berkurang menjadi hanya sekitar Rp3 juta.

“Salah satu pendongkrak pendapatan itu dari tanaman bunga aglonema yang harganya masih tinggi,” katanya.

Sementara itu pedagang tanaman hias lainnya di kawasan jalan Mastrip, Sumbersari, Jember, Dicky, mengatakan jenis tanaman bunga anggrek dan aglonema memang masih menjanjikan.

“Saat ini harga beberapa jenis bunga ada yang mengalami penurunan. Sebagian saja yang masih menjanjikan,” ujarnya.

Dicky mengatakan, untuk mencegah penumpukan tanaman bunga yang mulai turun harga, ia mengurangi jumlah persediaan dan lebih fokus melakukan perawatan.

Lihat juga...