Car Free Day di Alun-alun Kota Jember

Editor: Koko Triarko

JEMBER – Kabupaten Jember memiliki banyak tempat wisata populer yang dapat dijadikan sebagai tempat wisata dan tempat berkumpul dengan keluarga di hari libur. Beragam tempat wisata unggulan pun sebagian ada yang tak mengenakan tarif masuk.

Maghfira, salah satu warga Jember, menyatakan dirinya memilih mengunjungi tempat car free day (CFD) di Alun-alun Jember, bersama teman-temannya untuk menikmati hari liburan kuliah. Aktivitas yang ia lakukan foto selfi maupun menikmati kuliner yang ada.

“Car free day tempat yang cocok untuk dijadikan sebagai kegiatan bersantai saat libur kuliah. Untuk saya sendiri tidak perlu jauh-jauh, sekadar menikmati hari libur, agar tidak jenuh. Di sini juga beragam kegiatan yang orang lain lakukan, seperti olah raga, orang berjualan, komunitas yang bermacam-macam yang menurut saya cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan refreshing,” ucap Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember itu, di Alun-Alun Jember, Minggu (7/3/2021).

Car free day yang berada di pusat Alun-alun Kabupaten Jember merupakan tempat bebas dari kendaraan yang  dijadikan alternatif untuk bersantai menikmati hari libur. Menikmati hari tanpa kendaraan menjadi daya tarik tersendiri bagi kalangan masyarakat, sehingga tidak pernah sepi pengunjung.

“Sukup sering tentunya saya mengunjungi tempat CFD ini. Biasanya saya dan teman dua minggu sekali datang ke tempat ini,” tambahnya.

Selama masa pandemi Corona, destinasi wisata car free day di Jember sempat ditiadakan selama hampir satu tahun lebih. Akses jalan yang menuju pusat Alun-alun saat weekend pun di tutup keseluruhan, agar masyarakat tidak berkerumunan.

“Yang saya tahu, selama pandemi Covid-19 hampir tidak ada masyarakat yang melakukan kegiatan di alun-alun, terutama di hari libur berlangsung. Untuk akses jalannya saja dialihkan yang biasanya melewati sekitar alun-alun, sekarang sudah kembali dilonggarkan, tapi tetap hati-hati menerapkan protokol kesehatan saat di luar rumah,” ucapnya.

Kegiatan car free day sebenarnya belum diaktifkan kembali secara keseluruhan, hanya beberapa titik alun-alun yang dapat digunakan. Jika keadaan hari libur sebebelum masa pandemi, kegiatan car free day menyebar di beberapa sudut alun-alun dan beberapa ruas jalan di sekitarnya, namun saat ini hanya sebagaian titik saja yang diperbolehkan.

Prayit, yang juga pengunjung, menyatakan tidak mengetahui kalau kegiatan CFD sudah bisa dilaksanakan kembali. Ia mengaku hanya kebetulan saja mengetahui aktivitas CFD dapat dilaksanakan kembali saat ini.

“saya bersama istri awalnya hanya sekadar ingin jalan-jalan menggunakan kendaraan, saya coba lewat sekitar alun-alun. Akhirnya, saya memilih untuk mampir sekadar membeli kuliner yang ada di sini,” ucapnya.

Lihat juga...