Dandim Nagan Raya Aceh: 90 Persen Api di Lokasi Karhutla Sudah Padam

SUKA MAKMUE — Komandan Kodim 0116 Nagan Raya, Provinsi Aceh, Lekol Inf Guruh Tjahyono menyatakan sekitar 90 persen api di lokasi kebakaran lahan gambut yang terbakar di daerah ini sudah berhasil dipadamkan.

“Api sudah dapat dipadamkan kurang lebih 90 persen, namun di lokasi lahan yang terbakar masih mengeluarkan asap,” kata Dandim Guruh Tjahyanto di Suka Makmue, Jumat malam.

Ia juga menyatakan upaya pemadaman tersebut selama ini melibatkan prajurit TNI, Polri, petugas BPBD, masyarakat, serta sejumlah intansi lainnya.

Dandim Guruh Tjahyanto juga menegaskan musibah kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang melanda sejumlah desa di Kabupaten Nagan Raya Aceh sejak beberapa hari terakhir telah menghanguskan sekitar 17,5 hektare lahan gambut kering.

Kebakaran pertama, kata Dandim, berlokasi di Kecamatan Kuala Pesisir mencakup satu titik api di Desa Suak Puntong, tepat di belakang lokasi pembangunan proyek PLTU 3-4 Nagan Raya dengan luas lahan terbakar kurang lebih sekitar enam hektare, dan telah berhasil dipadamkan.

“Cara penanganan dengan pembuatan galian lubang atau parit dan pembersihan rumput dan pembuatan embung dengan menggunakan alat berat jenis excavator,” katanya menambahkan.

Ia juga mengakui saat ini di lokasi karhutla tersebut sedang dilakukan upaya pendinginan dengan cara menyiramkan air secara terus menerus, dengan harapan api tidak lagi muncul di lokasi kebakatan.

Selain itu, tim gabungan juga mengawasi lokasi karhutla, sekaligus melakukan pemantauan dan patroli.

Dandim Guruh Tjahjanto berharap semua elemen masyarakat dapat menjaga lingkungan masing-masing, dengan tidak membakar lahan.

“Segera melaporkan ke pihak terkait seandainya terdapat titik api di pemukiman masyarakat,” imbau dandim. [Ant]

Lihat juga...