Desa Tamanmartani Miliki Shelter Khusus Covid-19

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Sebagai upaya menekan penularan Covid-19, pemerintah Desa Tamanmartani, Kalasan, Sleman, menyiapkan tempat khusus isolasi berupa shelter bagi warga masyarakat positif Covid-19 kategori Orang Tanpa Gejala (OTG).

Memanfaatkan gedung bangunan di kompleks balai desa setempat, Shelter Covid-19 ini terdiri dari sebanyak 7 kamar dengan fasilitas berupa tempat tidur, kamar mandi, peralatan mandi serta kebutuhan sehari-hari hingga Wi-Fi.

Carik Kelurahan Tamanmartani, Tomi Nugraha, mengatakan, pendirian Shelter Covid-19 ini dibuat sesuai arahan pemerintah untuk merespons penyebaran Covid-19 di tingkat desa. Selain juga sebagai evaluasi proses isolasi/karantina mandiri di Desa Tamanmartani.

Carik Kelurahan Tamanmartani, Tomi Nugraha (kemeja putih), saat ditemui media, Jumat (5/3/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Kebanyakan penularan itu berasal dari klaster keluarga maupun perkantoran. Karantina mandiri yang dilakukan warga di rumah masing-masing masih bisa menimbulkan penularan akibat kontrol yang kurang ketat. Karena itu kita siapkan shelter ini,” ujarnya, Jumat (5/3/2021).

Menggunakan dana desa sebesar Rp86 juta, setiap warga yang nantinya ditempatkan di shelter ini akan disuplai makanan oleh satgas Covid-19 tingkat desa. Termasuk kontrol kesehatan oleh tim satgas Covid-19 tingkat desa yang selalu memonitor pasien.

Meski begitu, sejauh ini ruang isolasi atau shelter ini belum dimanfaatkan karena belum ada pasien positif Covid-19 yang direkomendasi dari tim satgas tingkat dusun. Meskipun sebenarnya di Desa Tamanmartani terdapat 8 orang positif Covid-19.

“Sampai dengan 28 Februari kemarin ada 8 orang warga yang positif. 2 orang melakukan isolasi di rumah sakit, sementara 6 orang melakukan isolasi mandiri. Karena memang masih memenuhi syarat untuk melaksanakan isolasi di rumah masing-masing,” katanya.

Sebagai informasi, Desa Tamanmartani Kalasan Sleman sendiri merupakan salah satu desa binaan Yayasan Damandiri.

Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari yang dilaksanakan sejak tahun 2017 lalu, Yayasan Damandiri melalui Koperasi Tamanmartani Sejahtera, aktif melakukan berbagai upaya pemberdayaan guna mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Mulai dari mendirikan sejumlah homestay, warung cafe Damandiri, hingga memberikan akses modal usaha bagi warga miskin di Desa Tamanmartani.

Lihat juga...