Di Ambon Sudah 1.366 Lansia Menjalani Vaksinasi

Proses vaksinasi lansia di kota Ambon yang telah terdaftar – Foto Ant

AMBON – Dinas Kesehatan Kota Ambon mencatat, sudah sebanyak 1.366 Lanjut Usia (lansia) di kota itu, telah selesai menjalani vaksinasi COVID-19.

“Sampai Sabtu (6/3/2021) jumlah lansia yang telah menjalani vaksinasi di pos kesehatan di Ambon sebanyak 1.366 orang,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Wendy Pelupessy, Minggu (7/3/2021).

Pelaksanaan vaksinasi lansia di Ambon, dimulai 2 Maret 2021. Kegiatan diawali untuk para lansia di Panti Sosial Werdha Ina Kaka Negeri Passo. Selanjutnya, ke Kecamatan Sirimau, dimana setiap desa, negeri dan kelurahan disiapkan 14 posko tambahan untuk vaksinasi.

“Kita membuka posko vaksinasi untuk memudahkan para lansia ke pusat vaksinasi. Karena tidak semua desa, kelurahan atau negeri mempunyai rumah sakit atau Puskesmas. Untuk Kecamatan Sirimau ada 14 pos yang disiapkan, ” katanya.

Setelah Kecamatan Sirimau, proses vaksinasi dilanjutkan ke Kecamatan Nusaniwe, Baguala, Teluk Ambon. Yang pelaksanaanya digabung dengan Kecamatan Leitimur Selatan. “Setelah jadwal di lima kecamatan, para lansia masih bisa lakukan vaksinasi di pusat layanan kesehatan setiap desa, negeri dan kecamatan, ” jelasnya.

Wendy menyebut, pelaksanaan vaksinasi bagi lansia berjalan lancer. Hal itu ditunjang animo warga lansia untuk mendatangi tempat vaksinasi cukup tinggi. “Saya sangat bersyukur karena animo para lansia untuk vaksinasi cukup tinggi. Mereka ingin tetap sehat. Ini sesuai dengan kebijakan pemerintah agar para lansia mendapat prioritas pertama untuk divaksin, karena kondisi mereka yang rentan dan mudah tertular,” ujarnya.

Setelah para lansia yang divaksinasi tahap pertama, akan menerima vaksin tahap kedua pada 28 hari ke depan. Tahapan vaksinasi akan dilanjutkan ke tenaga pendidik yang dimulai Selasa (9/3/2021) secara massal. “Vaksinasi tenaga pendidik dimulai untuk guru PAUD,TK, SD,SMP se-Kota Ambon di Sporthall Karang Panjang,” jelasnya. (Ant)

Lihat juga...