Dinkes Kepri: Vaksinasi di Bulan Ramadan Diupayakan Malam

TANJUNGPINANG  – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Mochammad Bisri, mengupayakan vaksinasi COVID-19 saat bulan Ramadan dilaksanakan malam hari.

Bisri mengemukakan vaksinasi pada malam hari memerlukan vaksinator dan lampu penerangan yang memadai. “Masih kita pertimbangkan, karena perlu persiapan yang matang,” kata Bisri di Tanjungpinang, Sabtu (27/3).

Bisri memastikan vaksinasi tetap dilaksanakan saat Ramadan, demi mengejar target pemberian vaksin secara nasional.

Pemerintah melalui Kemenag dan MUI, katanya, sudah menyampaikan bahwa vaksin tidak membatalkan puasa jika tetap dilakukan pada siang hari.

Selain itu, katanya, secara medis vaksinasi juga tidak berdampak negatif terhadap daya tahan tubuh saat berpuasa. “Paling setelah vaksinasi di siang hari, muncul rasa lemas dan ngantuk,” ujar Bisri.

Lebih lanjut, Bisri mengutarakan vaksinasi saat Ramadan masih menyasar penerima vaksin tahap II, meliputi TNI-Polri, pelayan publik dan lansia.

Vaksinasi tahap II di Kepri mulai dilaksanakan pada 1 Maret 2021, dengan total target sekitar 265 ribu orang. “Vaksinasi tahap II ditargetkan rampung Juni 2021,” kata Bisri. (Ant)

Lihat juga...