Empuk dan Gurih Pecak Daging Kambing di Kawasan Baturaden

Editor: Makmun Hidayat

BANYUMAS — Olahan daging kambing biasanya hanya dimasak sate, gulai ataupun rendang. Namun, di kawasan Baturaden, Kabupaten Banyumas ada warung makan yang menyediakan olahan pecak daging kambing.

Pecak daging kambing ini istimewa, karena dagingnya sangat empuk dan cara memasaknya dengan dibakar terlebih dahulu. Untuk kambing juga dipilih kambing yang muda, sehingga tekstur daging dipastikan tidak alot.

“Masakan dengan bumbu pecak, biasanya hanya pecak jantung, pecak lele dan sebagainya, Sehingga kita membuat terobosan dengan membuat pecak daging kambing dan ternyata cukup diminati pengunjung,” kata pemilik warung makan, Guno Purtopo, Sabtu (20/3/2021).

Rasa pecak kambing yang komplet, mulai dari pedas, asin serta manis, membuat masakan ini sangat digemari pengunjung. Cara memasak pecak kambing ini, diawali dengan daging kambing dibakar. Setelah itu baru dimasak dengan bumbu pecak.

“Daging kambing kita juga pilihan, yaitu kambing yang masih muda, sehingga dagingnya dijamin empuk dan cara masaknya juga dengan keahlian tersendiri,” tuturnya.

Satu porsi pecak kambing hanya dibandrol dengan harga Rp35.000, cukup murah untuk menikmati satu porsi masakan kambing istimewa. Menurut Guno, dalam satu hari, pesanan pecak kambing paling banyak, yaitu hingga 20 porsi lebih.

Penggemar masakan kambing, Hutrianto Hari di Baturaden, Sabtu (20/3/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

Salah penggemar masakan kambing, Hutrianto Hari mengatakan, menu pecak kambing wajib untuk dicoba, sebab menghadirkan sensasi baru cara makan daging kambing. Dan pecak tersebut juga sama sekali tidak ada aroma anyir ataupun amis.

“Mungkin karena bumbu pecak kaya akan rempah dan komplet, jadi sama sekali tidak tercium ataupun terasa anyir, makannya jadi lebih nikmat,” katanya.

Menurut Hutrianto, tidak semua warung makan dapat menyajikan masakan daging kambing yang lezat, karena memang butuh keahlian khusus untuk memasak daging tersebut. Terutama dalam menghilangkan aroma amisnya. Bahkan untuk sekelas warung sate kambing, terkadang masakan gulai kambingnya juga masih tercium bau amis.

Sehingga menu alternatif pecak daging kambing yang dijual di warung makan kawasan Baturaden ini sangat rekomended untuk dicoba. Terlebih menikmati masakan kambing di tengah udara sejuk kawasan Baturaden, menambah kenikmatan tersendiri.

“Kalau akhir pekan biasa ke sini, karena berburu pecak daging kambing. Bumbunya komplet, tidak amis, daging empuk dan aroma masakan juga mengundang selera makan. Kalau masak sendiri di rumah, jelas tidak bisa menyamai rasa pecak daging kambing ini, karena butuh keahlian khusus untuk memasaknya,” ucapnya.

Lihat juga...