Enam Kabupaten dan Kota di Kepri Sudah Menggelar KBM Tatap Muka

Protokol kesehatan diterapkan dalam kegiatan pembelajaran tatap muka di SMP Negeri Kecamatan Ungar, Kabupaten Karimun, Kepri, Senin (11/1/2021) - foto Ant

TANJUNGPINANG – Enam pemerintah kabupaten dan kota di Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), saat ini sudah melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) tatap muka. Kegiatan di sekolah tersebut sudah berlangsung sejak awal 2021.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Muhammad Dali menyebut, pembelajaran tatap muka sudah dilaksanakan di Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas, Kabupaten Karimun, dan Kota Batam. “Tanjungpinang memang belum sama sekali, karena itu kebijakan Pemda setempat, tetap harus diikuti,” kata Dali di Tanjungpinang, Kamis (18/3/2021).

Pelaksanaan KBM tatap muka di Kabupaten Bintan, Kabupaten Lingga, Kabupaten Natuna, Kabupaten Anambas, dan Kota Batam, disebutnya belum mencakup seluruh satuan pendidikan. “Ada sekolah yang diizinkan dan tidak diizinkan menggelar PTM (Pembelajaran Tatap Muka),” kata Dali.

Tercatat, hanya Pemerintah Kabupaten Karimun, yang sudah menerapkan pembelajaran tatap muka di seluruh sekolah, mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai Sekolah Menengah Atas. Dan sudah dilakukan sejak 15 Maret 2021.

Dali menjelaskan, pembelajaran tatap muka di sekolah-sekolah di Kabupaten Karimun, dilakukan dalam dua sesi pagi dan siang hari. Hal itu untuk meminimalkan terjadinya kerumunan di sekolah. “Kabupaten dan kota lainnya pun menerapkan hal serupa,” jelasnya.

Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kepri, Dali menyebut, rata-rata sudah melaksanakan pembelajaran tatap muka sejak Januari 2021.  Berdasarkan hasil evaluasi, pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah kejuruan berjalan baik.

Dinas Pendidikan, berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota, untuk memastikan pembelajaran tatap muka dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan, untuk mencegah penularan COVID-19. “Kita tidak ingin PTM di sekolah justru jadi klaster baru COVID-19,” tandasnya.

Dinas Pendidikan Kepri juga mendorong pelaksanaan vaksinasi COVID-19 kepada para guru dan tenaga kependidikan, demi keamanan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad mengatakan, pemerintah provinsi sedang membahas aturan pelaksanaan pembelajaran tatap muka di sekolah. “Kita tengah bahas aturan-aturan soal PTM dalam masa pandemi. Diupayakan secepatnya terlaksana, kasihan anak-anak, sudah setahun belajar daring dari rumah,” kata Ansar. (Ant)

Lihat juga...