Festival Tari Kreasi Baru Disbudpar Aceh Diramaikan 13 Peserta

Suasana Festival Tari Kreasi Baru yang digelar Disbudpar Aceh, Rabu (24/3/2021) - Foto Ant

ACEH BESAR – Festival Tari Kreasi Baru 2021 yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, diikuti 13 peserta. Mereka berasal dari berbagai sanggar di daerah tersebut.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin, diwakili Kepala Seksi Bahasa, Azhadi mengatakan, festival yang bertema Aceh Stories, merupakan bagian dari bentuk kerinduan pelaku seni tari mengasah kreativitas, setelah sekian lama vakum akibat pandemi COVID-19.

“Festival ini bagian dari memantik motivasi para pelaku seni untuk bangkit setelah sekian lama terhenti akibat pandemi,” kata Azhadi, di Taman Seni dan Budaya Aceh di Banda Aceh, Rabu (24/3/2021).

Festival tersebut juga menjadi wadah bagi pelaku seni tari di Aceh, untuk menunjukkan gerakan koreografi terbaiknya. “Festival ini mampu membuat kerinduan yang panjang bagi pelaku seni setelah sekian lama terhenti. Ini juga memotivasi kita untuk bangkit dari sekian lama pandemi,” katanya.

Ia berharap, peserta bisa bersaing dengan sehat dan terpenting tetap menjaga sportivitas. “Semoga peserta bisa menunjukkan kebolehannya. Banyak peserta yang datang juga dari luar daerah untuk mengikuti kegiatan ini,” katanya.

Kepala Bidang Bahasa dan Seni, Nurlaila mengatakan, kesenian Aceh menyimpan banyak khazanah untuk digali dan dikembangkan. Hal itu dibutuhkan, agar kekayaan seni budaya yang ada dapat terus terpelihara dan terjaga.

Pihaknya berharap, kesenian Aceh terus tumbuh berkembang dan menjadi kebanggaan generasi penerus untuk mencintai dan melestarikan tradisi leluhur, dengan semakin giat melakukan inovasi, agar berkembang seiring dengan situasi zaman. (Ant)

Lihat juga...