Gunungkidul Siapkan Tata Ruang Mudahkan Berusaha

GUNUNGKIDUL — Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menyiapkan tata ruang untuk kemudahan berusaha dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah ini.

Bupati Gunungkidul Sunaryanta di Gunungkidul, Selasa, mengatakan pembangunan Gunungkidul sangat membutuhkan peran dari investor, karena anggaran pemkab fokus untuk pembangunan infrastruktur pendukung dan percepatan penanganan COVID-19.

“Pemkab juga menyiapkan tata ruang untuk kemudahan dalam berusaha, supaya investor dapat memilih lokasi investasi yang akan menjadi daya tarik dikembangkan,” kata Sunaryanta.

Sinergi pemkab dan sektor swasta untuk pertumbuhan ekonomi sangat dibutuhkan. Dirinya mengaku tidak antiinvestor karena terpenting, investasi yang dibawa bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat. Menurut dia, tiga sektor digerakan dalam pembangunan Gunungkidul, yakni investasi, pariwisata, dan ekonomi kerakyatan.

“Ada tujuh program yang saya bawa, tapi kami akan fokus di tiga sektor. Kami akan melaksanakan bersama-sama guna mewujudkannya dengan membentuk unit kerja percepatan pembangunan daerah,” katanya.

Sunaryanta sudah menjalin kontak beberapa investor salah satunya dari Timur Tengah. “Kami harus jemput bola. Saya bersyukur karena ada yang berminat, tapi karena masih dalam suasana pandemi, para investor belum bisa datang ke Gunungkidul,” katanya.

Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto mengatakan siap membantu bupati mewujudkan visi misi guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat. “Program kami Gunungkidul membangun sehingga butuh partisipasi semua pihak,” katanya.

Gunungkidul memiliki potensi melimpah karena kaya sumber daya alam. Orang-orang Gunungkidul juga dikenal ulet dan pekerja keras. Tinggal tambahan sentuhan teknologi.

Ia pun optimistis kemajuan bisa diwujudkan. Sebagai gambaran, meski masih dikelola secara sederhana, Gunungkidul mampu menjadi sentra ternak di DIY. “Cara-caranya masih biasa, tapi populasi ternaknya bagus. Coba ini dikembangkan lagi, hasilnya pasti akan lebih maksimal,” katanya. (Ant)

Lihat juga...