Hadapi Pandemi, Serdang Bedagai Miliki Enam Kampung Tangguh

SEIRAMPAH  – Enam desa di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara dicanangkan sebagai Kampung Tangguh yang tujuan utamanya untuk menghadapi situasi pandemi COVID-19 yang hingga kini belum juga usai.

Desa yang dicanangkan sebagai Kampung Tangguh tersebut adalah Desa Sei Buluh, Desa Pematang Setrak, Desa Pasar Baru, Desa Bogak Besar, Desa Sentang, dan Desa Pematang Gantung yang semuanya berada di Kecamatan Teluk Mengkudu.

Wakil Bupati Serdang Bedagai, Adlin Umar Yusri Tambunan, di Seirampah, Kamis, mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi karena telah dicanangkanya enam desa sebagai Kampung Tangguh di Kecamatan Teluk Mengkudu.

“KIta akan terus mengupayakan ketahanan atau ketangguhan masyarakat untuk bertahan dari kebencanaan,” katanya.

Ia mengatakan keberadaan Kampung Tangguh dapat membantu program pemerintah khususnya percepatan penanganan pandemi COVID-19.

Untuk itu ia berharap Kampung Tangguh yang telah dibentuk itu tidak hanya seremonial belaka tetapi dapat bermanfaat bagi masyarakat.

“Mari kita jadikan Kampung Tangguh sebagai tempat memberikan edukasi kepada masyarakat untuk tetap semangat menghadapi pandemi Covid-19 dan tetap menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Ia juga mengapresiasi banyaknya Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang diciptakan oleh masyarakat sebagai salah satu penopang perekonomian masyarakat.

“UMKM ini harus diperhatikan, seperti perajin tempe, tahu, keset kaki dari kulit kelapa, hingga kubah masjid yang berhasil diekspor ini harus terus dikembangkan dan didukung,” katanya. (Ant)

Lihat juga...