Hadapi Porprov 2022, FPTI Balangan Kalsel Jaring Atlet Muda

Calon atlet FPTI Balangan mengikuti latihan - Foto Ant

BALANGAN – Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai menjaring bibit-bibit muda, untuk dilatih dan dijadikan atlet.

Keberadaannya dibutuhkan untuk mengisi slot atlet panjat yang belum terisi, serta persiapan mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) dan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022.

Kepala Biro pelatih FPTI Balangan, Abdul Malik Mahmudin mengatakan, dengan fasilitas serba terbatas, ia terus memberikan pelatihan pengenalan dasar teknik panjatan kepada puluhan calon atlet. Hal itu dilakukan tiga kali dalam seminggu. “Pada Jumat, Sabtu dan Minggu sore, kami aktif melakukan pelatihan kepada pemanjat pemula, meski dengan dinding dan peralatan seadanya, kami memaksimalkan pembekalan dasar melakukan pemanjatan,” ungkap Malik, Senin (29/3/2021).

Pada pemerintahan yang baru di Balangan, semoga pemerintah daerah bisa lebih memperhatikan cabang olahraga, terlebih kepada fasilitas penunjang para atlet. “Kami juga berharap pemerintah daerah bisa membangunkan dinding panjat yang standar nasional maupun internasional, yang sesuai dengan spesifikasi untuk diperlombakan,” harapnya.

Malim menyebut, panjat tebing memiliki banyak medali yang diperebutkan. Maka sangat disayangkan, kalau panjat tebing tidak menjadi cabang unggulan yang menjadi prioritas pemerintah daerah untuk dikembangkan. Ke depan FPTI Balangan disebutnya, menargetkan peminat cabang olahraga panjat tebing mulai dari tingkat SD, SMP, SMA serta komunitas pencinta alam yang ada di Bumi Sanggam. (Ant)

Lihat juga...