Harga Cabai Rawit Merah di Bekasi Bertahan di Rp130 Ribu

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BEKASI — Menjelang bulan suci Ramadhan 1442/2021, harga sejumlah komoditi di wilayah Kota Bekasi, Jawa Barat, mulai merangkak naik. Terutama untuk harga cabai rawit masih bertahan di Rp130 ribu.

Amas kepala Pasar Kranji, mengakui harga Cabai rawit merah tetap bertahan diangka Rp130 ribu/kilogram. Bahkan harga ayam potong naik menjadi Rp28 ribu, Selasa (23/3/2021). Foto: Muhammad Amin

Harga cabai tersebut sudah bertahan sejak tiga bulan terakhir dan belum mengalami penurunan. Harga lainnya seperti ayam saat ini tembus diangka Rp28 ribu biasanya hanya Rp24 ribu/kilogram.

Begitupun harga daging sapi, tetap di angka Rp130 ribu bahkan biasanya lebih tinggi lagi. Harga tersebut tetap bertahan sejak awal Januari lalu, meskipun telah diprotes pedagang pasar harga daging sapi tetap tidak bergeming.

“Harga cabai Rp130 ribu/Kilogram sudah terjadi cukup lama sejak beberapa bulan terakhir, saya juga heran belum ada penurunan sama sekali. Saat ini komoditas lain juga ikut mengalami kenaikan, karena sudah mendekati bulan suci Ramadhan,” ujar Amas Kepala Pasar Kranji, kepada Cendana News, Selasa (23/3/2021).

Dikatakan kenaikan harga setiap memasuki bulan suci Ramadhan suatu hal lazim, dan terus terjadi setiap tahunnya. Menurutnya hal tersebut seolah menjadi hukum pasar, setiap menjelang bulan puasa maka harga komoditi merangkak naik. Namun demikian ia mengakui harga cabai tahun ini melonjak luar biasa.

Harga akan terus naik, jika pemintaan banyak, itu sudah menjadi hukum pasar. Untuk itu belajar dari situasi sebelumnya harga akan terus naik hingga selesai bulan suci Ramadhan. Namun demikian Amas memastikan untuk stok di pasar Kranji dipastikan aman.

“Harga kemungkinan akan kembali stabil atau turun setelah selesai bulan suci Ramadhan atau idul Fitri. Tapi tentu kembali ke jumlah permintaan juga, karena penurunan setelah Ramadhan hanya produksi dari pengalaman sebelumnya,”tukas Amas.

Hal senada juga diakui pedagang di Pasar Jatiasih, Kang Adel, Kota Bekasi. Sejumlah komoditi seperti ayam, cabai rawit merah dan daging sapi tetap terbilang tinggi. Tapi stok masih ada dan tidak akan kekurangan meskipun di bulan suci Ramadhan nanti.

“Kalo harga pasti sama, di pasar lainnya naik di Pasar Jatiasih pastinya ga jauh beda. Paling beda seribu begitu, bahkan di pasar Jatiasih ini ada yang Rp140 ribu,”jelas Adel.

Diakuinya, untuk mengakali harga maka banyak pedagang cabai di pasar haru mencampur antara cabai rawit dengan cabai biasa. Sehingga harga bisa di angka Rp100 ribu.

Begini harga di sejumlah pasar di wilayah Kota Bekasi, beras medium Rp10.000/kg, Premium Rp14.000/kg (Tetap), cabai rawit merah Rp130.000/kg, cabai merah kriting Rp50.000/kg, cabai merah besar Rp50.000/kg, bawang putih Rp24.000/kg, bawang merah Rp 40.000/Kg, daging sapi Rp130.000, daging ayam broiler Rp38.000/ekor, ayam kampung Rp100.000 s/d Rp. 170.000 per ekor.

Lihat juga...