Inovasi Layanan ‘Warung Kita’ Trirenggo Bantul, Mudahkan Warga

Editor: Makmun Hidayat

YOGYAKARTA — Sejumlah anggota Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul menyambut baik inovasi yang dilakukan unit usaha Warung Kita/Warung Damandiri Trirenggo sejak beberapa bulan terakhir. 

Mereka mengaku sangat diuntungkan dengan penerapkan sistem layanan pesan antar atau order by phone bagi pelanggan dalam proses penjualan berbagai produk dagangan.

Seperti dirasakan salah seorang anggota sekaligus pelanggan tetap Warung Damandiri Trirenggo, Verawati (55) asal Dusun Gandekan. Pedagang kelontong ini mengaku bisa menghemat banyak waktu setiap kali berbelanja dagangan.

Pasalnya ia tak perlu datang ke Warung Damandiri Trirenggo yang berjarak sekitar 1 kilometer saat membeli berbagai kebutuhan untuk keperluan usahanya.

“Dengan sistem layanan pesan antar menggunakan handphone ini saya jadi irit banyak waktu. Karena saya tak perlu berangkat sendiri ke Warung Damandiri untuk belanja dagangan. Tinggal pesan lewat hp dan barang langsung diantar. Sehingga saya masih bisa tetap berjualan di rumah tanpa harus menutup warung kelontong,” ujarnya.

Verawati sendiri mengaku sudah sejak beberapa tahun terakhir menjadi pelanggan tetap Warung Damandiri Trirenggo. Ia rutin berbelanja sejumlah kebutuhan sembako untuk mencukupi kebutuhan barang dagangan di warung kelontong miliknya.

Selain menyediakan bermacam produk kebutuhan sehari-hari secara lengkap, ia juga memilih menjadi pelanggan setia Warung Damandiri Trirenggo karena semua produk yang dijual memiliki harga yang relatif murah dan terjangkau.

“Saya rutin belanja di Warung Damandiri Trirenggo setiap hari. Seperti misalnya rokok, gula, gandum, mie instan, sembako dan sebagainya. Selain sudah terbiasa, harganya juga lebih murah dibandingkan yang lain,” katanya.

Sebagai upaya memberikan pelayanan maksimal kepada anggota, unit usaha Warung Kita/Warung Damandiri Trirenggo, yang dikelola Koperasi Gemah Ripah aktif melakukan berbagai inovasi pelayanan sejak beberapa waktu terakhir khususnya selama pandemi Covid-19.

Selain menerapkan sistem layanan pesan antar lewat order by phone bagi semua produk dagangan seperti sembako, unit usaha Warung Kita Trirenggo mulai tahun 2021 inj juga telah menerima berbagi pembayaran kebutuhan rutin warga seperti pulsa listrik prabayar, hingga tagihan pembayaran PDAM setiap bulannya.

Manager Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, menyebut penerapan layanan baru ini, dilakukan sebagai upaya memudahkan pelanggan, sekaligus menambah vitur layanan di unit usaha Warung Kita/Warung Damandiri Trirenggo yang sudah ada.

Pasalnya sejak beberapa tahun terakhir, Unit usaha Koperasi binaan Yayasan Damandiri ini telah rutin melayani penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi warga desa kurang mampu penerima manfaat program pemerintah ini setiap bulannya.

Lihat juga...