KAI Daop 4 Semarang Tunjuk Lima Stasiun Buka Layanan GeNose C19

PEKALONGAN — PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasional 4 Semarang, Jawa Tengah, membuka layanan pemeriksaan GeNose C19 bagi para penumpang di Stasiun Kota Pekalongan mulai 30 Maret 2021.

Kepala Humas PT KAI Daop 4 Semarang Krisbiantoro di Pekalongan, mengatakan sebanyak lima stasiun yang ditunjuk melayani tes GeNose C19 yaitu Stasiun Tawang, Poncol, Tegal, Pekalongan, dan Cepu.

“Kami berkomitmen dalam memberikan pelayanan kepada penumpang untuk memenuhi syarat bepergian dengan KA di masa pandemi. Adapun layanan GeNose C19 di stasiun Pekalongan, merupakan kali pertama beroperasi,” katanya.

Adapun mekanismenya, calon penumpang harus dalam kondisi sehat dan memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh, selama 30 menit sebelum pengambilan sampel nafas, calon penumpang dilarang merokok, makan, dan minum (kecuali minum air putih).

Selain itu, untuk masa berlaku GeNose C19 maupun alat deteksi COVID-19 lainnya seperti PCR atau rapid-antigen berlaku 3×24 jam.

“Apabila hari libur nasional atau ‘long weekand’ pemerintah mengeluarkan aturan berbeda yaitu hanya berlaku 1×24 jam. Untuk prosesnya mudah, cepat, nyaman, dan terjangkau hanya Rp30 ribu, serta hasilnya hanya perlu menunggu sekitar 5 menit saja,” katanya.

Krisbiantoro berharap dengan banyaknya stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 dapat mendukung kebutuhan masyarakat yang ingin bepergian dengan menggunakan jasa kereta api sesuai dengan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Adapun jam layanan pemeriksaan GeNose C19, kata dia, yaitu Senin-Kamis mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB dan Jumat-Minggu pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB.

Penumpang KA Puji Winarti mengaku dirinya senang dan menyambut baik adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Pekalongan karena layanannya lebih mudah, cepat, dan murah.

“Saya mau ke Bandung, tadi hanya bayar Rp30 ribu. Melalui tes GeNose C19 lebih mudah dan murah dibandingkan alat pemeriksaan COVID-19 yang lain,” katanya. (Ant)

Lihat juga...