Kawasan Kilang Minyak Pertamina Balongan Indramayu Terbakar

Suasana langit yang memerah akibat kilang minyak Pertamina Indramayu terbakar - Foto Ant

INDRAMAYU – Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar, Senin (29/3/2021) dini hari. Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang milik Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas, menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan Petrokimia. Kilang ini mulai beroperasi pada 1994, dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 kilometer arah timur Jakarta. Api melalap kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terlihat dari jarak sejauh lima kilometer. “Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu, Senin (29/3/2021) dinihari.

Kondisi kilang minyak Indramayu – Foto Ant

Suci mengungkapkan, jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak milik Pertamina VI Balongan adalah sekitar lima kilometer. Meskipun jauh, api masih terlihat membumbung tinggi dari lokasi tersebut. “Kalau dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan,” kata Suci.

Warga lainnya, Dedi menuturkan hal yang sama, bahwa kawasan kilang minyak mengeluarkan api dan suara cukup keras. “Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan,” kata Dedi lewat sambungan telepon.

Dari video yang beredar di grup sosial media, kondisi lokasi RU VI Balongan terbakar hebat, sampai memaksa warga sekitar keluar rumah. Hingga berita ini diturunkan, belum ada konfirmasi dari pihak-pihak terkait. (Ant)

Lihat juga...