Kebakaran Lahan Gambut di Aceh Barat Mulai Padam

MEULABOH – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Barat memastikan kebakaran lahan lahan gambut seluas 5,5 hektare di kawasan Desa Peunaga Cut Ujong, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat hingga Kamis siang sudah mulai padam.

“Alhamdulillah, sebagian besar lahan yang terbakar sejak beberapa hari lalu sudah mulai padam. Saat ini sedang diupayakan pendinginan,” kata Kepala BPBD Aceh Barat, Mukhtaruddin, diwakili Koordinator Pusat Pengendalian Data dan Operasi (Pusdalops), Mashuri di Meulaboh, Kamis.

Menurut dia, saat ini kondisi di sekitar lokasi kebakaran lahan tersebut hanya terlihat gumpalan asap yang keluar dari dalam tanah gambut.

Sedangkan kobaran api, kata Mashuri, hingga Kamis siang tidak lagi terlihat.

“Namun, upaya penyiraman air ke lokasi lahan masih terus dilakukan, harapannya agar api tidak lagi muncul ke permukaan,” kata Mashuri menambahkan.

Ia juga menjelaskan, upaya pemadaman kebakaran lahan di Aceh Barat melibatkan ratusan personel terdiri dari petugas BPBD, TNI, Polri, Brimob, KPH Wilayah IV Aceh, serta kalangan masyarakat.

Meski sudah mulai diguyur hujan sejak Selasa malam, pihaknya berharap kebakaran lahan di daerah tersebut dapat segera berakhir.

“Memang sudah mulai hujan, kita berharap hujan ini mampu memadamkan seluruh lokasi kebakaran lahan di Aceh Barat,” kata Mashuri mengharapkan. (Ant)

Lihat juga...