Kelapa Hijau Kaya Manfaat dan Kandungan Alami

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Kelapa hijau disebut memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Kandungan yang kaya nutrisari mampu menyembuhkan penyakit dan menetralisir racun yang ada di dalam tubuh.

Muhammad Ajiz, yang berprofesi sebagai penjual es degan menyatakan, kandungan kelapa hijau memiliki manfaat yang besar untuk tubuh. Diungkapkan, air kelapa hijau mampu menghilangkan dehidrasi dan menghilangkan racun yang ada pada tubuh.

“Salah satu manfaat kelapa hijau yakni dapat menghilangkan racun yang ada pada dalam tubuh. Racun yang disebabkan dari polusi, radiasi dan akibat rokok, mampu diobati dengan mengonsumsi kelapa hijau,” ujarnya  kepada Cendana News, di bilangan Jalan Jend. Panjaitan, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jumat(26/3/2021).

Muhammad Ajis, ditemui di wilayah Jalan Jend. Panjaitan, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jumat (26/3/2021). – Foto Iwan Feri Yanto

Jadi, kelapa hijau ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan pada tubuh manusia. Khasiat ini diperoleh dari kandungan vitamin, mineral dan sifat alami dari buah kelapa hijau.

“Kandungan manfaat yang ada pada kelapa hijau, awal mulanya yang saya ketahui yakni dapat menyembuhkan orang karena keracunan, kekurangan darah. Seiring berjalannya waktu wawasan tentang manfaat kelapa hijau saya ketahui dari para pembeli,” tandasnya.

Salah satu pembeli, Timbul menyatakan, dirinya mengaku sering kali mengonsumsi air kelapa hijau. Menurutnya air kelapa hijau memiliki manfaat yang baik. Salah satunya dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal.

“Sering juga saya mengonsumsi air kelapa hijau. Selain itu, manfaat yang saya rasakan juga dapat dijadikan konsumsi sebagai penyegar badan saat capek bekerja,” ucapnya.

Sementara itu, AF Pandhu Hadiwinata, akademisi Universitas Airlangga Surabaya Devisi DIV Pengobatan Tradisional mengatakan, kandungan air kelapa hijau dapat dijadikan minuman alternatif yang memiliki kandungan isotonik, menambah kesegaran badan.

“Dibandingkan dengan minuman isotonik yang ada dalam bentuk kemasan, melewati tahapan produksi. Kandungam isotonik alami dari kelapa hijau jauh lebih memiliki manfaat untuk tubuh manusia,” ucapnya saat dihubungi melalui sambungan telepon.

Kandungan lain yang ada pada kelapa hijau yakni antioksidan, membantu mengurangi tekanan darah, mengurangi berat badan secara alami, mencegah diabetes dan mengobati batu ginjal.

“Manfaat yang banyak pada kelapa hijau berguna untuk tubuh manusia. Akan tetapi, tidak baik pula apabila dikonsumsi terus menerus. Lebih baik mengonsumsi secukupnya,” tegasnya.

Lihat juga...