Kelestarian Hutan Konservasi Mampu Jaga Ekosistem Air Berkelanjutan

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Menjaga ekosistem air berkelanjutan untuk kebutuhan hidup masih dipertahankan warga di Lampung secara tradisional. Melalui kearifan lokal mampu menjaga hutan konservasi jadi sumber pasokan air.

Sahbana, warga Dusun Kayu Tabu, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan menyebutkan, pelestarian air erat kaitannya dengan ekosistem hutan yang terjaga. Menjaga sumber daya alam untuk meningkatkan tingkat hidup generasi masa depan sesuai pesan Presiden Soeharto diwujudkan warga dengan membentuk hutan tutupan.

“Cara pandang masyarakat sudah kompak melihat ekosistem air tidak terpisah dari keberadaan hutan sehingga tidak ada masyarakat yang berani merusak,” sebut Sahbana saat dikonfirmasi Cendana News, Selasa (23/3/2021).

Penggunaan air berkelanjutan untuk kebutuhan masyarakat sekitar hutan sebut Sahbana diiringi dengan kepedulian. Warga yang memiliki kebun di sekitar hutan tutupan menanam komoditas pohon produktif seperti pohon alpukat, durian, petai dan jengkol.

Sahbana, warga Dusun Kayu Tabu Desa Kelawi Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan memperlihatkan sumber air dari hutan tutupan yang dilestarikan, Selasa (23/3/2021). Foto: Henk Widi

Sumiati, warga Desa Kelawi bilang sumur komunal bisa dipergunakan untuk kebutuhan air bersih warga. Meski harus mempergunakan timba, air bersih pasokan bisa untuk mandi, minum dan mencuci.

Sumiati bilang kesadaran warga dalam menjaga ekosistem air cukup tinggi. Kebutuhan ekonomi pada komoditas pertanian, perkebunan tetap memikirkan konservasi. Ia bahkan menyebut warga dengan sadar mulai menanam pohon yang bisa menyerap air bersih.

“Wilayah kami kerap dikenal sebagai wilayah sulit air bahkan kerap harus beli kala kemarau, namun karena pohon lestari air bersih bisa diperoleh,” cetusnya.

Keberadaan hutan dengan pohon konservasi menjadi sumber pasokan air bersih. Rido Imanuloh, pengurus Lembaga Pengelolaan Hutan Desa (LPHD) Desa Pematang, Kaliansa, Lampung Selatan mengaku air bersih sangat bergantung pada hutan. Keberadaan Cecakhah Way Pekhos tetap terjaga oleh kelestarian hutan Register Rajabasa.

“Selama ini pohon yang dilestarikan jenis bunut, medang, damar dan pohon hutan lain tetap menjadi peresap air yang efektif,” cetusnya.

Pasokan air Cecakhah Way Pekhos sebut Rido Imanuloh memiliki multi manfaat. Selain sebagai air bersih, aliran Cecakhah Way Pekhos bisa menjadi sumber air lahan pertanian.

Lihat juga...