Kerang Hijau, Kuliner Murah Meriah Penambah Stamina

Editor: Mahadeva

BEKASI – Bagi pecinta seafood di Bekasi, Jawa Barat hanya dengan Rp10 ribu sudah bisa menikmati satu piring kerang hijau atau kerang Ijo masak pedas.

Di Kota Bekasi, kerang biasa ditemui ditepi jalan di berbagai titik. Biasanya ditawarkan menggunakan motor, lengkap dengan bumbu asam pedas atau bumbu lainnya. Namun, rata-rata, masyarakat memilih untuk dimasak pedas.

Salah satu penjaja kerang ijo adalah Andi, seorang pria asal Brebes, Jawa Tengah yang mengaku telah empat tahun berdagang kerang ijo berkeliling di Bekasi.  Dalam sehari, dia bisa menjual 30 kilogram kerang ijo. “Dimasaknya langsung sama kulit, ga perlu ke rumah makan seafood, ini juga sama, ada kepiting, sebagai pelengkap. Tapi olahan kepiting harganya lebih mahal dari kerang ijo,” ungkap Andi, kepada Cendana News, Sabtu (20/3/2021).

Masakan kerang hijau, salah satu kuliner seafood yang banyak digemari di Bekasi  – foto M Amin

Andi memasak kerang ijo dengan bumbu pedas, untuk meningkatkan selera. Semua kerang dijajakan dalam kondisi segar. Biasanya diambil di wilayah Jakarta Utara. Andi biasa mangkal di beberapa tempat, seperti Purigading, atau jalan Wibawamukti.

Harga kerang ijo hanya Rp 10 ribu per-porsi. Dan bisa langsung dimakan tanpa nasi, atau sebagai tambahan lauk di rumah. “Cara makan tergantung selera, bisa buat cemilan, atau sebagai lauk. Kebanyakan hanya cemilan, begitu saja,” tandasnya.

Ia memastikan kerang ijo tersebut aman dikonsumsi, karena telah melalui proses pengolahan higienis. Artinya, tidak ada yang perlu dicemaskan, karena sudah dibersihkan tidak ada lagi pasir di cangkanya. “Saya jamin nikmat, dan menyehatkan,” tukasnya.

Kerang hijau atau dikenal sebagai green mussels, adalah binatang lunak yang hidup di laut, bercangkang dua dan berwarna hijau. Kerang hijau merupakan organisme, yang termasuk kelas Pelecypoda, golongan biota yang bertubuh lunak.

Penyuka Kerang Hijau, Asal Jatiasari, Mas Deny Wahyudi, mengaku suka membeli kerang hijau yang dijajakan keliling. Disamping harga relatif murah, rasa yang diberikan sama dengan yang dijajakan di warung seafood. “Kalo saya beli kerang hijau, sebagai penambah vitalitas saja. Setelah makan kerang hijau rasanya segar dan menambah stamina. Biasanya beli yang belum diolah, di rumah dikerjakan sendiri dengan masak saos tiram, sesuai selera,” ucap lelaki yang biasa disapa Mas Den tersebut.

Lihat juga...