Kiat Pengelola Hutan Bambu Warung Bongkok Tarik Pengunjung

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI — Hutan Bambu Warung Bongkok, di Desa Sukadanau, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, berlokasi tepat di bibir Kali Cikarang, menjadi alternatif baru untuk mancing sambil menikmati panorama alam.

Hutan Bambu Warung Bongkok, Cikarang, selain menjadi lokasi wisata edukasi tentang lingkungan juga menjadi tempat mancing ikan endemik air tawar jenis ikan baung.

“Kebetulan hari ini, di Hutan Bambu Cikarang, kami menggelar Kali Cikarang Fest 2021, salah satunya ada mancing liar jenis ikan baung. Pesertanya mencapai 200-an, itupun karena dibatasi,” ungkap Bang Enjon, salah satu pengembang lokasi Hutan Bambu dikonfirmasi Cendana News, Minggu (21/3/2021).

Dikatakan bahwa peserta sengaja dibatasi karena jika tidak peserta bisa membludak di atas 500-an orang. Pembatasan juga dalam rangka menjaga protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah. Peserta mancing di area terbuka tepian kali Cikarang pada spot yang tersedia.

Selain festival mancing, Komunitas Save Kali Cikarang juga, menggelar diskusi bertemakan lingkungan hidup, dan hiburan akustik tentang lagu soal lingkungan hidup. Kegiatan digelar dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Antusiasme peserta mancing cukup terlihat.

Menurut Bang Enjon, festival mancing ikan baung di lokasi Hutan Bambu Warung Bongkok, juga sebagai tolak ukur keberhasilan dari komunitas dalam melestarikan Kali Cikarang. Karena jenis ikan baung biasanya hanya hidup di air yang bersih, tidak tercemar.

Sehingga dengan banyaknya peserta mendapat ikan baung, menjadi  bukti dari komunitas dalam menjaga dan melestarikan Kali Cikarang agar tidak tercemar

“Hasilnya luar biasa, peserta ada yang bisa mendapatkan ikan baung dengan bobot 1,5 kilogram. Artinya ada dampak positif bagi komunitas dalam menjaga kelestarian Kali Cikarang ini,” lanjut Bang Enjon.

Hutan Bambu yang dilestarikan oleh kelompok peduli lingkungan tersebut menjadi pusat restorasi dan pengembangan ekosistem DAS Kali Cikarang ditengah kawasan idustri dan pemukiman padat penduduk di Bekasi.

Sebelumnya banyak orang tidak  percaya di tengah padatnya permukiman yang dikelilingi kawasan industri ternyata masih ada vegetasi hutan bambu. Meskipun luasannya tidak begitu besar.

Salah seorang peserta lomba, Agus, mengakui bahwa sensasi mancing liar di konservasi Hutan Bambu Warung Bongkok, Cikarang memberi suasana berbeda.

“Lokasi Hutan Bambu Warung Bongkok, selain ikan baung juga banyak jenis ikan lainnya. Suasananya asyik, karena pemandangan dan banyak warung buat santai,” ujarnya.

Lihat juga...