Koperasi di Sikka Simpan Dana Anggota Triliunan Rupiah

Editor: Koko Triarko

MAUMERE – Dana yang ada di beberapa koperasi kredit besar di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur,  seperti Kopdit Pintu Air, Obor Mas, Mitan Gita, Suber Huter, dan lainnya, mencapai triliunan rupiah.

“Koperasi di Sikka sekarang miliki simpanan dana dari anggota mencapai triliunan rupiah. Ini bisa dijadikan pinjaman buat anggota dalam membuka usahanya,” kata Wakil Bupati Sikka, Romanus Woga, saat ditemui di Rumah Jabatan Bupati Sikka, di  jalan El Tari Kota Maumere, Selasa (16/3/2021).

Romanus menyebutkan, saat dirinya dahulu disuruh membentuk koperasi kredit di Kabupaten Sikka, banyak orang yang pesimis, mengingat mayoritas masyarakat NTT masih berada di bawah garis kemiskinan.

Wakil Bupati Sikka, NTT, Romanus Woga, saat dtemui di rumah jabatan Bupati Sikka jalan El Tari, Kota Maumere, Selasa (16/3/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Dia mengatakan, banyak yang menyangsikan apakah bisa masyarakat menyisihkan uangnya untuk ditabung di koperasi. Padahal, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja masih pas-pasan.

“Saya tidak putus asa dan terus mengajak orang menjadi anggota koperasi. Kini, di Sikka tumbuh banyak koperasi dan ada lima koperasi besar dan tembus level nasional,” ucapnya, bangga.

Romanus mengharapkan, agar anggota koperasi bisa memanfaatkan dana yang besar di koperasi untuk berwirausaha, dan jangan meminjam uang untuk urusan konsumtif.

Dirinya yakin, hadirnya koperasi bisa membuat masyarakat lebih sejahtera. Apalagi, mayoritas anggota koperasi merupakan masyarakat kecil dan memiliki pendapatan rendah.

“Mayoritas anggota koperasi merupakan masyarakat berpenghasilan rendah, tetapi memiliki semangat menabung. Saya berharap, hadirnya koperasi besar bisa membuat masyarakat lebih sejahtera,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Kopdit Pintu Air, Yakobus Jano, menjelaskan, koperasi kredit ini terhitung hingga akhir 2020 memiliki aset mencapai Rp1,3 triliun, dengan jumlah anggota 279.734 orang.

Jano menyebutkan, selama 2020 tercatat ada penambahan jumlah anggota mencapai 26.081. Jika dirata-rata, maka dalam sebulan ada penambahan anggota baru skeitar 2.000 orang.

“Bertambahnya jumlah anggota baru secara siginifikan di masa pandemi Covid-19 bagi saya sebuah keberhasilan yang di luar perkiraan kami. Ini bisa dijadikan inspirasi bagi kami dalam mengembangkan koperasi,” pungkasnya.

Lihat juga...