Koperasi Gemah Ripah Jajaki Kerja Sama Pengembangan Agrowisata Desa

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

YOGYAKARTA – Koperasi Gemah Ripah Trirenggo yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri berkomitmen untuk mendukung sekaligus ikut andil dalam mengembangkan sektor pariwisata di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Trirenggo, Bantul, Yogyakarta.

Hal tersebut tak lepas karena Desa Trirenggo dinilai memiliki potensi yang cukup besar di sektor pariwisata. Baik itu pengembangan wisata berbasis pertanian, pendidikan, agrowisata, hingga pariwisata berbasis kuliner dan budaya.

Manajer Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo Bantul, Ambyah, menyebut, pihaknya saat ini tengah melakukan penjajakan untuk ikut serta mengelola sebuah kawasan wisata desa. Hal ini menyusul adanya rencana pembangunan lokasi wisata baru berbasis agrowisata oleh salah satu investor swasta di Desa Trirenggo.

Manajer Umum Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, Bantul, Ambyah, dijumpai Cendana News, Senin (29/3/2021) – Foto: Jatmika H Kusmargana

“Koperasi saat ini tengah melakukan penjajakan untuk bisa ikut bekerjasama dalam pengelolaan wisata desa. Karena kebetulan, kemarin ada salah satu investor swasta yang akan mendirikan tempat wisata baru berbasis agrowisata di Trirenggo,” ujarnya, Senin (29/3/2021).

Meski masih sebatas rencana, Ambyah menilai, pembukaan lokasi wisata baru ini tentu akan menjadi peluang bagi koperasi untuk ikut andil di dalamnya. Selain bisa menjadi sumber pemasukan bagi koperasi, kerja sama ini juga diharapkan bisa memberikan manfaat bagi seluruh anggota.

“Lokasi wisata ini menawarkan semua pengunjung untuk bisa melihat berbagai macam jenis tanaman sayur maupun buah yang unik dan mempesona. Selain bisa membeli bibit, pengunjung juga bisa membeli hasilnya langsung di lokasi,” katanya.

“Koperasi nantinya bisa terlibat dalam pengadaan beberapa jenis sayur. Misalnya dengan memberdayakan petani sayur di Trirenggo untuk kemudian dijual di lokasi wisata tersebut. Sehingga warga sekitar yang bekerja sebagai petani juga ikut berdaya,” ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Trirenggo, Bantul, sebagai desa binaan sejak tahun 2017 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri melalui Koperasi Gemah Ripah Trirenggo, juga aktif melakukan berbagai upaya pemberdayaan kepada seluruh warga desa. Baik itu di sektor pendidikan, kesehatan, lingkungan, maupun ekonomi.

Lihat juga...