Kreativitas Olahan Nasi Tiwul Hadirkan Sajian Menggugah Selera

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Kuliner berbahan baku singkong yang diolah menjadi tiwul jadi salah satu makanan tradisional yang masih digemari. Hartanti dan Warsiah, warga Desa Bakauheni, Kecamatan Bakauheni, Lampung Selatan memanfaatkan singkong jadi bahan pangan yang diawetkan. Proses pengawetan singkong dibuat menjadi gaplek, tiwul.

Melimpahnya singkong atau ubi kayu sebut Hartanti kerap hanya diolah jadi bahan tepung tapioka. Kearifan lokal yang dipertahankan dengan mengawetkan singkong sebutnya jadi bahan pangan alternatif. Cara pengolahan yang bervariasi sebutnya akan jadi sajian kuliner yang lezat. Ia kerap membuat gaplek yang dikeringkan untuk dikukus dan mencampurkan beras tiwul bersama beras padi.

Nasi tiwul sebut Hartanti dibuat dari proses pengolahan singkong yang dikeringkan. Setelah singkong kering selanjutnya akan direndam dalam air. Pengeringan tahap kedua akan menghasilkan singkong kering yang lebih lunak. Selanjutnya singkong kering akan ditumbuk menjadi butiran kecil lalu dikukus. Usai dikukus butiran akan berubah kenyal lalu kembali dijemur sehingga menjadi beras tiwul.

“Setelah menjadi beras tiwul dalam kondisi kering selanjutnya bisa menjadi beragam olahan untuk disajikan dalam bentuk nasi tiwul, bagi sebagian warga proses pengolahan tiwul cukup dikukus dengan tambahan parutan kelapa dicampur dengan garam penambah rasa gurih sehingga bisa jadi makanan ringan,” terang Hartanti saat ditemui Cendana News, Sabtu (20/3/2021).

Warsiah, warga lain bilang beras tiwul bisa dikombinasikan dengan beras padi. Proses menanak beras tiwul dilakukan bersama dengan beras padi dengan perbandingan 60:40. Kombinasi 60 persen beras tiwul dan 40 persen beras padi jadi cara untuk menikmati tiwul. Selanjutnya saat sudah terbiasa menikmati tiwul takaran beras bisa dikurangi bahkan dihilangkan.

Singkong yang telah dikeringkan lalu direndam oleh Warsiah di Bakauheni, Lampung Selatan untuk pembuatan butiran nasi tiwul, Sabtu (20/3/2021). – Foto Henk Widi

Kandungan nasi tiwul yang memiliki kandungan karbohidrat rendah sebutnya kerap jadi menu diet. Diet karbohidrat bagi penderita Diabetes Melitus sebutnya menjadi variasi makanan berbahan tiwul. Bagi penyuka nasi beras, proses mengganti dengan menu nasi tiwul butuh kedisiplinan. Kuliner yang bervariasi agar gizi tiwul bertambah bisa dikombinasikan dengan lauk lain. Nasi tiwul sebutnya juga bisa disajikan sebagai nasi goreng.

“Agar nasi tiwul murni tanpa campuran beras padi lezat bisa disiasati dengan lauk ikan laut, ikan air tawar dan semur ayam,” cetusnya.

Varian olahan nasi tiwul disukai oleh Slamet, warga Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni bilang variasi olahan akan menciptakan kelezatan. Meski masih diolah dengan beras padi namun kelezatan tiwul terasa dengan lauk semur ayam. Rasa semur dengan bahan utama bumbu rempah merica, cabai merah dan berbagai bumbu lain akan menciptakan varian rasa lezat.

“Nasi tiwul berbahan singkong akan semakin lezat saat disiram dengan kuah semur yang kental,” bebernya.

Nasi tiwul sebutnya meski sudah jarang ditemukan namun ia tetap bisa menikmati hasil olahan sang istri. Kreativitas sang istri menciptakan kuliner dari singkong dalam bentuk tiwul jadi varian kuliner lezat. Penggunaan beras tiwul sebagai bahan kuliner sekaligus jadi cara mengurangi konsumsi beras padi. Langkah itu sekaligus jadi cara penghematan pada konsumsi beras padi.

Kreativitas olahan kuliner dari bahan beras tiwul dilakukan oleh Dewi, warga Desa Pasuruan, Kecamatan Penengahan. Ia menyebut nasi tiwul disukai anak anaknya saat dikreasikan menjadi nasi goreng dan tumpeng. Kreasi kuliner itu sebutnya divariasikan dengan lauk beravariasi yang disukai anak anak. Tumpeng nasi tiwul dibuat olehnya dalam bentuk nasi biasa dan kerap digoreng.

“Semula nasi goreng masih tetap menggunakan nasi berbahan beras padi, namun anak anak menyukai nasi goreng tumpeng murni berbahan tiwul,” cetus Dewi.

Dewi menyebut agar disukai anak anak, nasi goreng tiwul dibuat menjadi tumpeng. Tambahan lauk berupa telur rebus, tempe bacem goreng, urap dan ayam goreng bisa ditambahkan. Variasi olahan tiwul itu disajikan saat momen khusus ulang tahun dan acara keluarga. Kreativitas makanan berbahan tiwul sebutnya cara mengenalkan, melestarikan bahan pangan alternatif bagi anak anaknya.

Lihat juga...