Lima Hektare Lahan di Teluk Belengkong Indragiri Hilir Terbakar

Personel gabungan saat melakukan pemadaman di Desa Desa Sumber Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Inhil, Riau, Rabu (3/3/2021) – Foto Ant

INDRAGIRI HILIR – Lahan seluas lima hectare, di Kecamatan Teluk Belengkong, Kabupaten Indragiri Hilir, Provinsi Riau, terbakar, Rabu (3/3/2021). Upaya pemadaman harus dilakukan oleh tim gabungan.

Anggota Koramil 06/Katemen, Kopda Halim mengatakan, kebakaran lahan tersebut terjadi di Desa Desa Sumber Jaya, Kecamatan Teluk Belengkong. “Perkiraan lahan yang terbakar seluas lima hektare. Kini api belum bisa padam dan masih mengeluarkan asap,” katanya, Rabu (3/3/2021).

Personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, BPBD, aparat desa, dan masyarakat, masih berupaya melakukan pemadaman dan pendinginan. “Kita sedang melakukan pemadaman,” ungkapnya.

Untuk memadamkan api, personel gabungan didukung dengan empat mesin air, selang 14 gulung, parang, cangkul, dan sejumlah ember. Tanah gambut dengan ketebalan dan kedalaman tiga meter, serta dalam keadaan kering, menjadi penghambat upaya pemadaman.

Seperti diketahui, sekam masih membara di bawah tanah dan berpotensi menimbulkan api secara berulang. “Belum lagi angin kencang dan berubah arah, cuaca yang terik, sumber air yang jauh, dan lokasi yang jauh dari koramil membuat tim sedikit kesulitan melakukan upaya pemadaman. Namun hingga kini api sudah mulai bisa diatasi,” tuturnya.

Mengenai pemilik lahan dan penyebab kebakaran, masih dalam proses penyelidikan oleh pihak berwajib. Halim meminta, masyarakat berhenti membuka lahan dengan cara membakar, karena bisa berurusan dengan aparat penegak hukum. (Ant)

Lihat juga...