Mbappe Cetak Gol ke-100, PSG Puncaki Klasemen

Bintang Paris Saint-Germain, Kylian Mbappe, merayakan gol keduanya ke gawang Olympique Lyon, dalam lanjutan Liga Prancis di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Minggu (21/3/2021) waktu setempat - Foto Ant

JAKARTA – Kylian Mbappe, mencapai tonggak 100 gol di Liga Prancis, saat mengantarkan Paris Saint-Germain (PSG) ke puncak klasemen, setelah mengalahkan Olympique Lyon 4-2, pada laga pekan ke-30 di Stadion Groupama, Lyon, Prancis, Minggu (21/3/2021) waktu setempat atau Senin (22/3/2021) dinihari WIB.

Mbappe, membuka keunggulan PSG saat laga baru berjalan 15 menit, dengan menyambar bola muntah hasil tembakan Marco Veratti, yang tak diantisipasi sempurna oleh kiper Anthony Lopes.

Keunggulan PSG digandakan oleh Danilo Pereira, memanfaatkan umpan sundulan Marquinhos, dalam situasi sepak pojok pada menit ke-32. Keunggulan 2-0 PSG bertahan hingga turun minum, sebelum Angel Di Maria menambahnya dua menit selepas babak kedua dimulai. Umpan silang Di Maria tak mampu disambut siapapun, tetapi melesat tajam dan bersarang ke gawang tuan rumah.

Lyon, yang lebih banyak tertekan memperoleh peluang pada menit ke-51, saat Lucas Paqueta mengirim umpan ke dalam kotak penalti, yang berusaha diselesaikan Karl Toko Ekambi. Ttetapi tembakannya bisa diamankan oleh kiper Keylor Navas.

Semenit berselang, justru Mbappe yang mencetak gol keduanya di laga kali ini, memperlebar keunggulan PSG menjadi 4-0 atas Lyon. Gol tercipta setelah berhasil memperdaya Lopes, dalam situasi satu lawan satu selepas menerima umpan lambung dari Veratti.

Gol itu menandai gol ke-100 Mbappe di Liga Prancis, 16 di antaranya ia cetak bersama klub lamanya AS Monaco. Sayangnya, euforia selebrasi Mbappe harus berakhir ironis, ketika ia ditarik keluar dari lapangan dalam keadaan cedera digantikan Neymar, yang baru kembali dari cedera pada menit ke-70.

Lyon, sempat mencetak gol balasan melalui Islam Slimani dan Maxwel Cornet. Tetapi tak ada momentum kebangkitan yang luar biasa bagi tuan rumah, sehingga PSG tetap meraih kemenangan. Terlebih Navas mampu mengamankan sundulan Slimani pada injury time.

Kemenangan itu membuat PSG mengumpulkan 63 poin, menyamai raihan angka Lille, tetapi berhak menduduki puncak klasemen berbekal superioritas selisih gol, dengan surplus 46 berbanding surplus 31 milik Lille. Sedangkan Lyon, tertahan di urutan ketiga, tertinggal tiga poin dari dua tim di atasnya. PSG akan menjamu Lille dan Lyon bertandang ke markas RC Lens selepas jeda internasional pada awal April nanti. (Ant)

 

Lihat juga...