Menikmati Lezatnya Ketoprak, Kuliner Sajian Pedagang Kota Semarang

Editor: Makmun Hidayat

SEMARANG — Bagi masyarakat Semarang, mendengar kata ketoprak, persepsinya akan dibawa ke pertunjukan lakon drama tradisional, yang menjadi seni tradisional Jawa. Namun yang satu ini bukan ketoprak seperti itu, melainkan kuliner khas Betawi. Menyerupai pecel, namun beda isian.

“Mirip pecel karena sama-sama memakai bumbu sambal kacang, namun beda isian. Kalau pecel isiannya, berupa nasi atau lontong, serta aneka sayuran yang direbus. Sementara, isian ketoprak berupa ketupat, bihun, tahu goreng, tauge dan telur goreng dadar,” papar pedagang ketoprak, Bang Jon, di sela berdagang di kawasan Tembalang Kota Semarang, Sabtu (20/3/2021).

Pedagang ketoprak, Bang Jon, saat ditemui di sela berjualan di kawasan Tembalang Semarang, Sabtu (20/3/2021). -Foto Arixc Ardana

Dipaparkan, untuk bumbu kacang ketoprak, bahan yang digunakan pun mirip bumbu pecel.

“Bawang putih, cabai rawit, kacang tanah, lalu diulek hingga lembut dan ditambahkan air. Lalu disiramkan ke atas isian ketoprak,” tambahnya.

Di lain sisi, dirinya juga mengaku memberi sedikit ubahan pada bumbu ketoprak, dengan menambahkan daun jeruk wangi.

“Tujuannya agar rasa bumbu kacang semakin terasa. Sekaligus menyesuaikan dengan selera konsumen, yang sudah terbiasa dengan bumbu pecel,” terangnya lagi.

Sementara, salah seorang penggemar ketoprak, Senot Puji menuturkan, kuliner tersebut cocok sebagai sarapan pagi.

“Hampir mirip pecel, hanya beda isian, jadi ketoprak mudah diterima. Rasanya juga enak. Paling cocok buat sarapan, karena komplit termasuk kandungan karbohidrat, protein hingga sayuran meski hanya dari tauge,” tambahnya.

Ditanya soal cita rasa, dirinya mengaku, ketoprak juga tidak beda jauh dari pecel.

“Karena sama-sama pakai bumbu sambal kacang, jadi tidak jauh beda. Hanya saja lebih ringan, mungkin karena tidak ada banyak sayuran yang dipakai. Namun tetap sama-sama lezat,” pungkas Senot.

Lihat juga...