Mohamed Salah Disiapkan Mesir untuk Olimpiade Tokyo

Pemain timnas Mesir, Mohamed Salah, berebut bola denga pemain Zimbabwe, Knowledge Musona, pada pertandingan Piala Afrika 2019 Grup A di Stadion Internasional Kairo, Mesir, Jumat (21/6/2019). Mesir menang tipis 1-0 atas Zimbabwe - Foto Dok Ant 

AKARTA – Pelatih timnas Mesir, Shawky Gharib mengatakan, penyerang Liverpool, Mohamed Salah, siap menambah beban latihan untuk membela negaranya dalam meraih medali Olimpiade Tokyo untuk pertama kali.

“Saya sudah mengumumkan kepada publik, bahwa saya ingin agar dia (Mohamed Salah) bergabung dengan timnas untuk Olimpiade Tokyo, dan dia tidak menolak. Artinya, dia siap tampil bersama timnas Mesir,” kata Gharib, Kamis (25/3/2021).

Partisipasi Salah di Olimpiade Tokyo didukung penuh oleh negara, yang diwakili oleh Kementerian Olahraga dan Asosiasi Sepak Bola Mesir. “Demi meraih medali pertama kami di ajang Olimpiade untuk pertama kalinya,” ujar Gharib.

Meski demikian, keputusan mengenai keikutsertaan Salah dalam Olimpiade Tokyo tahun ini bersifat tiga arah, dan bukan hanya berasal dari Salah dan Gharib sebagai pelatih timnas Mesir. Tetapi juga dari pelatih Liverpool, Jurgen Klopp. Di sisi lain, terlepas dari penurunan performa Liverpool, Salah masih menjadi pencetak gol terbanyak di Liga Premier Inggris musim ini, dengan 17 gol dan total 25 gol dalam seluruh kompetisi.

“Salah, sebagai salah satu dari tiga pemain terbaik internasional, tentu akan mengangkat tim Mesir ke level baru di Olimpiade Tokyo. Kehadirannya (Salah) bersama kami pasti akan membuat perbedaan yang signifikan,” tambah Gharib, yang menyamakan Salah dengan Neymar, yang membantu Brazil meraih medali emas sepak bola pertama mereka di Olimpiade Rio 2016. (Ant)

Lihat juga...