Mulai 2023, Hungaria Masuk Kalender Motogp

Para pebalap tengah berpacu di lintasan balap Moto Grand Prix de Catalunya di Circuit de Catalunya, Barcelona, pada 27 September 2020 - Foto Dok Ant

JAKARTA – Hungaria, akan menjadi salah satu tuan rumah Grand Prix MotoGP mulai 2023, menyusul kesepakatan dengan Dorna Sports yang diumumkan di Budapest pada Kamis (4/3/2021) waktu setempat.

Grand Prix Hungaria, akan digelar di sirkuit baru, yang konstruksinya diharapkan dimulai kuartal kedua 2021. Sirkuti tersebut berlokasi di Debrecen, kota kedua terbesar di Hungaria.

CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, bertemu dengan Menteri Inovasi dan Teknologi Hungaria, Laszlo Palkovics, dan legenda balap negara itu, Gabor Talmacsi, untuk membahas proyek baru tersebut. Dan setelah pertemuan langsung melakukan penandatanganan kesepakatan.

“Akhirnya ini menjadi kenyataan, kami sangat senang karena di Hungaria terdapat semangat yang luar biasa untuk olahraga ini, Gabor adalah seorang juara dunia dan dengan proyek ini akan lebih banyak masyarakat Hungaria yang akan datang ke Talent Cups kami dan di paddock kami,” kata Ezpeleta.

Selain menarik jumlah fan yang lebih banyak, proyek tersebut bertujuan untuk memperluas kalender MotoGP ke Eropa Tengah, untuk menciptakan trek kelas dunia. Dan membina talenta di wilayah itu untuk mengikuti jejak Talmacsi, yang menjadi juara dunia kelas 125cc di 2007 silam. “Ini sangat emosional bagi saya, saya sangat bangga berada di sini,” kata Talmacsi.

“Kisah hidup saya pada dasarnya saya mewakili negara saya sebagai seorang pebalap selama 10 tahun di MotoGP dan sekarang, dengan posisi yang berbeda, saya mewakili Hungaria sebagai pakar olahraga balap dan saya selalu mencoba berkontribusi, mendorong proyek balap seperti ini,” kata Talmacsi. (Ant)

Lihat juga...