Nasi Goreng Daun Singkong, Menu Alternatif Sarapan Sehat

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Menikmati hidangan hangat kala pagi jadi salah satu penyemangat memulai hari. Nasi goreng dengan varian daun singkong jadi salah satu alternatif hidangan yang bisa dinikmati.

Nursanti, pemilik warung makan Dua Putri di Desa Sumber Nadi, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan mengaku menu nasi goreng kerap jadi pilihan untuk sarapan.

Nursanti, juru masak di warung makan Dua Putri di Desa Sumber Nadi, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan menyiapkan proses memasak nasi goreng daun singkong, Sabtu (27/3/2021) – Foto: Henk Widi

Menu nasi goreng daun singkong sebutnya jadi salah satu varian selain sejumlah menu lain di warung miliknya.

Menyajikan menu nasi goreng daun singkong menurutnya dilakukan dengan bahan baku nasi yang jenis pandan wangi. Ia memilih nasi yang telah dikukus lalu disimpan dalam magic jar agar selalu hangat. Pemasakan dengan dikukus dilakukan agar nasi tidak menggumpal.

Setelah menyiapkan nasi, Nursanti bilang sejumlah bumbu dihaluskan dengan memakai ulekan. Beberapa bumbu yang disiapkan meliputi bawang merah, bawang putih, cabai rawit, garam, penyedap rasa. Khusus untuk daun singkong ia menyebut telah ditumis sebelumnya dengan bawang putih dan penyedap rasa.

“Tumis semua bumbu yang disiapkan dengan wajan memakai minyak secukupnya hingga aroma harum muncul lalu nasi dimasukkan ke wajan agar menyatu dengan semua bumbu nasi goreng,” terang Nursanti saat ditemui Cendana News, Sabtu (27/3/2021).

Setelah proses mengaduk nasi dan bahan bumbu selanjutnya daun singkong ditaburkan pada nasi goreng. Saat proses mengaduk nasi dengan daun singkong tambahan irisan sosis daging sapi.

Semua bahan yang telah dicampurkan aduk merata dengan tambahan kecap. Agar lebih gurih tambahkan penyedap rasa sesuai selera. Nasi goreng daun singkong siap disajikan.

Proses menggoreng nasi agar lebih lezat sebutnya kerap ditambahkan dengan minyak wijen. Setelah nasi goreng matang penyajian (platting) kerap diberi tambahan dengan taburan bawang goreng.

Kenikmatan nasi goreng bisa semakin menggugah selera dengan tambahan kerupuk udang. Kerupuk udang disiapkan sebagai pelengkap agar rasa gurih pada nasi goreng semakin terasa.

Wayan Suwarno, salah satu pelanggan di warung Dua Putri menyebut nasi goreng daun singkong jadi menu altenatif.

Ia memilih menu tersebut karena memiliki rasa yang lezat. Variasi rasa yang diperoleh dengan campuran beragam bumbu menjadikan nasi goreng yang dipesan berbeda. Daun singkong yang dikombinasikan dengan potongan sosis menambah selera makan.

“Daun singkong kerap diolah menjadi sayuran namun dengan variasi ditaburkan pada nasi goreng menjadi lebih nikmat untuk disantap,” cetusnya.

Jenis nasi dari beras pandan wangi sebut Wayan Suwarno membuat aroma nasi goreng lebih wangi. Kelezatan nasi goreng sebutnya semakin terasa dari proses pengolahan nasi yang dimasak dengan cara dikukus.

Butiran nasi yang terpisah membuat bumbu tercampur dengan sempurna. Dicampurkan dengan daun singkong, orak arik telur menjadikan salah satu jenis sayuran itu mudah dinikmati.

Nurhasanah, salah satu juru masak di warung Dua Putri menyebut nasi goreng daun singkong hanya salah satu variasi.

Di warung yang berada di Jalan Lintas Timur Lampung dekat dengan pesisir juga menyediakan nasi goreng seafood.

Nasi goreng sebutnya jadi pilihan bagi warga yang ingin menikmati hidangan ringan namun mengenyangkan.

Lihat juga...