NGOH Bekasi Terima Donasi Pohon Penghijauan Lahan Kritis

Editor: Makmun Hidayat

BEKASI —Aksi NGOH Bekasi berhasil mengumpulkan donasi ratusan pohon dari para donatur,  untuk menghijaukan daerah aliran sungai (DAS) seperti Kali Cikarang, agar menjadi benteng oksigen di bantaran kali.

Terbaru, para penggiat lingkungan yang tergabung dalam wadah KPA Ranting Bekasi tersebut mendapat bantuan dari Dinas Kehutanan Daerah Jawa Barat Cabang Wilayah I di Bogor, sebanyak 200 pohon buah aneka jenis.

“Alhamdulillah, terima kasih support-nya,  yang terus mengawal aksi sosial kami. Sehingga banyak pihak yang peduli dan mendonasikan pohon untuk kami tanam di DAS guna menjadi benteng oksigen di bantaran kali,” kata Iqbal dari KPA Ranting Bekasi, kepada Cendana News, Rabu (24/3/2021).

Dikatakan setelah pemberitaan Minggu lalu, langsung mendapat respons positif dengan adanya bantuan dari Dinas Kehutanan Cabang 1 Jawa Barat yang kebetulan memiliki program tanam sejuta pohon yang tengah digalakkan oleh pemerintah provinsi.

Menurutnya donasi pohon juga berdatangan dari warga. Sementara untuk penanaman sendiri masih menunggu waktu yang tepat. Karena fokus sementara relawan atau pegiat lingkungan masih melakukan pembersihan di beberapa titik bantaran Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

“Untuk penanaman kami masih menunggu, jika ditanya apakah masih kurang pohon, tentu diperlukan sebanyak-banyaknya,”tukas Iqbal.

Agung Lukman, Kepala Seksi Pengelolaan DAS Cabang Dinas Kehutanan Wilayah 1, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Barat, mengatakan pemberian bantuan tersebut bentuk kolaborasi dengan relawan dan pegiat lingkungan dalam rangka menyukseskan program Gubernur Jabar tentang gerakan tanam dan pelihara pohon dilahan kritis kabupaten/kota se-Jawa barat.

“Sebagaimana informasi ada relawan atau pegiat lingkungan dari  KPA Ranting, yang tergabung dalam NGOH Bekasi akan menanam pohon di kanan kiri DAS kali Cikarang Bekasi Laut (CBL), sehingga kami memberi pohon bentuk support,” ungkap Abdul Hilman, kepada Cendana News usai serah terima pohon.

Dia pun berharap kegiatan yang dilakukan NGOH Bekasi, bisa menjadi contoh di daerah lainnya untuk menjaga pohon dan menanam di lahan kritis bentuk kepedulian terhadap lingkungan, bentuk mendukung program Gubernur Jabar.

Adapun jenis pohon yang diterima dari Dinas Kehutanan Cabang 1 Dinas Kehutanan Jawa Barat, meliputi pohon jengkol, belimbing, jambu air, jambu kristal, cempedak, mangga dan sepuluh pohon damar.

Lihat juga...